Skip to main content

Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Berkali kali lipat


Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan computer anda adalah dengan mengganti penggunaan hardisk biasa dengan SSD atau Solid State Drive. Kenapa? Karena kecepatan baca dari SSD jauh sekali dengan kecepatan baca hardisk biasa.
menambahkan kecepatan laptop dengan ssd


Ini sudah saya buktikan dengan menggunakan SSD pada laptop dan computer saya. Bayangkan saja nih sobat, proses restart pada saat menggunakan hardisk jauh lebih lama dengan pada saat sudah migrasi ke SSD. Padahal nih saya tidak mengupgrade RAM yang biasa digadang-gadang paling berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan system computer.

Dan menurut saya ketika anda sedang bingung mana duluan yang akan diupgrade antara RAM dan Hardisk. Saya sih merekomendasikan untuk mengupgrade Hardisk ke SSD. Tapi ini juga tergantung dengan kebutuhan anda, jika anda bekerja dengan aplikasi yang memang membutuhkan RAM besar, sebaiknya RAM dulu yang kalian upgradre. Karna fungsi RAM beda dengan SSD.

Saya sudah melakukan uji coba pada saat sebelum dan sesudah menggunakan SSD. Yang pertama adalah proses booting system. Proses booting system antara Hardisk dan SSD sangat bedah jauh, ya ialah karna kecepatan baca pada SSD sangat jauh berbeda dengan hardisk.

Uji coba kedua yang saya lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Crystak Disk Mark, aplikasi ini dapat mengukur kecepatan baca dan tulis pada hardisk. Percobaan baca tulis waktu menggunakan hardisk sebesar kurang lebih 50MB/s sedangkan dengan menggunakan SSD kecepatan baca tulis sebesar 500MB/s. Waw angkah yang begitu beda jauh.

crystal disk mark hardisk biasa
Hasil Test Menggunakan Hardisk Biasa

crystal disk mark SSD
Hasil Test Menggunakan SSD

Jadi kesimpulannya nih, sebaiknya kalian berpindah menggunakan SSD, ya walaupun harganya aga sedikit mahal dari hardisk biasa. Tapi ini akan memanjakan anda dalam bekerja dan menghindari lemotnya system.
Baca Juga
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar