--> Skip to main content

Cara Mengatasi Penyimpanan Smartphone Yang Full

Halo sobat FreeZone, memiliki smartphone android dengan penyimpanan yang kecil, sering kali membuat data penyimpanan cepat sekali full. Sehingga selalu muncul pemberitahuan bahwa penyimpana anda full. Hal ini tentunya mengganggu, kinerja smartphone anda.

Penyimpanan yang full membuat smartphone menjadi Lelet, bebrapa aplikasi yang tidak bisa diupdate karena penyimpanan full pun tidak bisa dibuka dan lain sebagainya. Nah kali ini admin punya tips nih, agar penyimpanan smartphone anda tidak cepat full, apa lagi yang hanya memiliki RAM sebesar 8GB.

Berikut Tips Untuk Mengatasi Penyimpanan Smartphone Agar Tidak Cepat Full

1. Jika anda menggunakan whatsapp, segera nonaktifkanlah download otomatis gambar dan video. Kenapa? karena Whatsapp merupakan salah satu social media tempat share video dan gambar, apalagi anda memiliki banyak group. Jika tidak menonaktifkan download otomatis, siap-siaplah penyimpanan smartphone kalian cepat membengkak. Caranya ada pada artikel saya sebelumnya yaitu 8 Tips dan Trik Whatsapp yang Wajib di Ketahui

2. Nonaktifkan auto update app di playstore. Ini juga merupakan salah satu penyebab cepatnya full penyimpanan di smartphone kalian. Dengan menonaktifkan fitur ini, kalian bisa memilih mana saja aplikasi yang kalian update, so ini juga dapat menghemat penyimpanan smartphone anda. Buka Play Store, masuk ke menu setting dan nonaktifkan fitur Auto-update apps.


Cara Mengatasi Penyimpanan Smartphone Yang Full


3. Sering-seringlah Clear chace. fitur ini ada pada bawaan smartphone, tapi kalian bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti clean master, ccleaner dan lain sebagainya. Kadang nih, sampah cache smartphone kita bisa sampai 1GB, jadi sering-sering lah hapus cahce tersebut, biar penyimpanan aga sedikit plong.

Mengatasi Penyimpanan Smartphone Yang Full


4. Gunakan memori external, jika smartphone kalian hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 8GB, sebaiknya kalian membeli memory eksternal untuk penyimpanan foto dan video ataupun file lainnya. Jadi fokuskan saja penyimpanan internal untuk file sistem smartphone dan file aplikasi. Pindahkan setiap file dan video ke penyimpanan eksternal.

5. Hapus aplikasi yang tidak penting. Jika kalian memiliki banyak aplikasi yang tidak pernah dipakai, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Karena dari hasil pengecekan saya, aplikasi juga merupakan salah satu pemakai penyimpanan terbesar.

6. Hapus Data Aplikasi. Ketika kita mengakses suatu aplikasi maka aplikasi tersebut akan menyimpan semua data-data yang kita buka. Contohnya nih pada aplikasi Chrome, saat kita browsing, chrome akan menyimpan data-data hasil browsingan tersebut. Nah karena data ini sifatnya tidak terlalu begitu penting, sebaiknya di hapus saja. Caranya masuk ke Menu Setting - Manage apps - Kemudian short aplikasi berdasarkan data penyimpanan yang digunakan. Pilih salah satu aplikasi yang tidak penting kemudian clear data.

Penyimpanan smartphone full

cara mengatasi Penyimpanan smartphone yang cepat full

Oke sobat, sekian dulu tips dan trik cara mengatasi penyimpana smartphone yang full, semoga bermanfaat.
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar