--> Skip to main content

Failover Mikrotik Sistem Recusive 100% WORK

Halo sobat FreeZone, menggunakan lebih dari satu ISP pada mikrotik, sangatlah direkomendasikan apalagi sekarang penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam dunia industri. Nah kali ini saya akan share bagaimana membuat sistem Failover pada dua ISP berbeda di mikrotik yang dijamin work 100%.

failover mikrotik 100% work
sistem kerja failover recusive


Sistem failover yang akan saya jelaskan disini adalah sistem failover dengan sistem Recursive Gateway, dimana ketika link utama down, maka otomatis akan beralih ke link Backup. Hal ini berbeda dengan sistem failover dengan hanya mengandalkan check gateway dan urutan distance, yang mana ketika link utama down, maka tidak otomatis pindah ke link backup kecuali kita mendisable interface link utama atau mencabut kabel di port link utama. Tentunya cara ini akan sangat menghambat pekerjaan.

Oke langsung saja kita masuk pada cara setting failover sistem Recusive Gateway.

1. Yang pertama adalah kita membuat satu route untuk mengecek gateway Google, dengan settingan seperti dibawah ini:

failover mikrotik 100% work 1


seperti gambar diatas, target scope kita isi dengan nilai 30, ini supaya pengecekan ping gateway akan mencari route isp yang memiliki scope 30.

2. Selanjutnya Route dari ISP utama kita ubah menjadi seperti di bawah ini, hanya dengan menambahkan Dst. Address nya menjadi 8.8.8.8 gateway dari route yang pertama tadi kita buat. 

failover mikrotik 100% work 3


Nah cara kerjanya, ketika link ISP utama down, maka route pertama akan melakukan ping gateway ke route yang memiliki scope 30 selain route ISP utama yang lagi down, sehingga akan beralih ke ISP backup secara otomatis, tanpa kita harus mendisable interface dari ISP utama.

failover mikrotik 100% work 4



Cara ini sudah saya gunakan dengan menggunakan 3 Isp sekaligus sehingga ketika isp utama down, maka akan beralih ke isp 2 dan jika isp 2 down maka akan beralih ke isp 3. 

Sekian dulu cara setting failover mikrotik, semoga bermanfaat.

Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar