fbpx
arti dan makna pancasila

Makna dan Arti Simbol Lambang Pancasila dan Burung Garuda

FreeZone88Pancasila merupakan lambang negara Indonesia yang dijadikan sebagai pegangan hidup dalam bernegara. Untuk itu kita perlu mengetahui bunyi dan makna 5 lambang yang terdapat pada gambar Pancasila.

Pengertian dan Makna Pancasila

Kata Pancasila terdiri dari dua suku kata, yakni panca dan sila. Pengertian panca sendiri adalah lima dan sila artinya dasar. Sehingga pengertian kata Pancasila secara harfiah adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Pada gambar Pancasila memiliki bentuk perisai atau tameng yang terdapat pada bagian dada burung garuda. Perisai tersebut terbagi atas lima ruang yang berisi simbol Pancasila dari sila pertama hingga kelima.

Lambang Burung Garuda pada pancasila merupakan lambang dari nilai kekuatan dan gerak yang dinamis yang terlihat dari sayapnya yang mengembang. Dimana kepakkan sayap tersebut melambangkan kesiapan untuk terbang tinggi ke udara.
Seperti yang dilansir dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), berikut dibawah ini isi Pancasila beserta makna lambang Pancasila:

Isi bunyi Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

1. Simbol bintang

Simbol gambar bintang sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam yang terletak di bagian tengah perisai.

Ini merupakan lambang sila pertama dalam Pancasila yang memiliki makna bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Dimana bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

2. Simbol rantai

Simbol rantai merupakan lambang untuk sila kedua yakni kemanusiaan yang adil dan beradab. Rantai dengan latar belakang warna merah dan berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.

3. Simbol pohon beringin

Pohon beringin terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dan dijadikan sebagai dasar sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Simbol pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.

4. Simbol kepala banteng

Simbol kepala banteng dijadikan sebagai dasar sila ke empat yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Terletak di sebelah atas kanan gambar bintang. Kepala banteng ini diartikan sebagai tenaga rakyat Indonesia yang dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.

5. Simbol padi dan kapas

Simbol padi dan kapas ini melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan dan dijadikan sebagai dasar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Simbol ini terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang dan dijadikan sebagai lambang dari sila kelima Pancasila.

Itulah makna dan arti dari Lambang Pancasila yang merupakan lambang dari negara Indonesia. Semoga bermanfaat.