fbpx
cara backup whatsapp

Cara Memindahkan Whatsapp ke HP Baru dengan Nomor yang Sama

Pada saat anda baru saja membeli smartphone baru, tentu saja anda juga harus memindahkan file dan aplikasi dari smartphone lama anda. Biasanya beberapa berkas penting, foto-foto berisi kenangan atau bahkan pesan di aplikasi yang juga penting untuk disimpan dan diamankan.

Bagi anda pengguna WhatsApp, anda tidak perlu lagi khawatir tentang file ataupun media di WhatsApp anda jika baru saja membeli smartphone baru dan ingin memindahkan isi WhatsApp ke ponsel baru tersebut. Karena WhatsApp telah menyediakan fitur pencadangan file dimana anda dapat mencadangkan file anda dengan aman.

Setelah semua file anda dicadangkan atau di back up, anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan file-file penting ataupun pesan-pesan penting anda. Berikut ini tips untuk mencadangkan file dan memindahkannya ke smartphone baru anda.

Cara Memindahkan Whatsapp ke HP Baru

Pencadangan WhatsApp merupakan hal penting yang harus anda lakukan agar isi dari WhatsApp anda tetap aman. Tanpa melakukan backup manual WhatsApp sebenarnya dapat membackup media WhatsApp anda secara otomatis jika anda mengaktifkan jadwalnya. Maka dari itu usahakan untuk rutin membackup media misalnya sebulan sekali agar file anda tidak hilang.

Berikut cara-cara membackup WhatsApp anda

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tekan symbol titik tiga vertical yang berada disudut kanan atas dan pilih menu Setting
  3. Pada menu setting, tekan opsi Chat
  4. Tekan Backup Chat
  5. Lalu pilih Backup dan Cadangkan
  6. Pilih email untuk melakukan proses pencadangan
  7. Tunggu hingga proses selesai dan media WhatsApp anda akan langsung tercadangkan pada Google Drive
TRENDING:  Mengatasi Windows Detected That The Efi System Partition Was Formatted as Ntfs Saat Install Windows 8

Cara Melakukan Restore Whatsapp Ke HP Baru

Jika sebelumnya anda telah mencadangkan WhatsApp di ponsel lama, berikut langkah pemindahan akun ke ponsel baru anda

  1. Pastikan media dan kontak telah di backup di ponsel lama
  2. Install aplikasi WhatsApp
  3. Buka aplikasi dan verivikasi nomor telepon anda
  4. Tunggu beberapa saat, kemudian tekan opsi restore atau pulihkan untuk memulihkan media
  5. Tunggu hingga pemulihan selesai dan tekan lanjut
  6. Tampilan WhatsApp anda akan sama seperti pada ponsel sebelumnya
  7. Selesai

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas kamu sudah dapat mengembalikan semua isi pesan chat Whatsapp ke hp baru dengan nomor yang sama. Sebaiknya yang perlu diperhatikan adalah pada saat proses backup, usahakan proses backup berjalan dengan lancar. Gunakan juga koneksi internet yang baik pada saat backup, hal ini agar semua pesan wa dapat terbackup dengan lancar.

Untuk proses pengembalian data pesan wa ke hp baru, lamanya tergantung dari banyaknya chat yang di backup dari hp lama. Jika data chat yang kamu backup ikut dengan video dan foto, maka proses restorenya juga akan lama, namun jika chat yang dibackup hanya pesan saja, maka prosesnya akan lebih cepat.

Saat ini Whatsapp merupakan media sosial yang paling sering digunakan, hingga data penyimpanan yang dibutuhkan whatsapp itu bisa sampai berpuluh-puluh giga. Jadi jika smartphone kamu memiliki sedikit ruang penyimpanan sebaiknya ganti dengan hp yang memiliki banyak penyimpanan dan ikuti panduan peminda whatsaap seperti langkah-langkah diatas.

TRENDING:  Cara Download Video Tiktok Yang di Privasi

Itulah tips dari kami, semoga membantu anda dalam memindahkan WhatsApp ke ponsel baru anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.