fbpx
apa itu hosting

Apa Yang Di Maksud Dengan Hosting Berikut Penjelasannya

Pembuatan sebsite sama halnya dengan pembuatan sebuah rumah, anda harus mencari lahan, menentukan alamat dan lainnya. Dalam sebuah website, hosting merupakan representasi dari lahan yang dibutuhkan. Tahukan anda apa sebenarnya hosting itu? Apa saja jenisnya? Seberapa pentingkah hosting ini? Berikut ini penjelasan yang telah kami rangkum dari beberapa sumber untuk anda.

Apa Yang di Maksud Dengan Hosting?

hosting adalah sebuah layanan online yang diperuntukkan dalam mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna atau user yang kemudian akan ditampilkan melalui internet. Pada saat anda mendaftar untuk mencoba layanan hosting, maka sama saja anda sedang menyewa sebuah ruang server fisik yang berguna untuk menyimpan semua data. File tang tersimpan didalam hosting biasanya berupa script, gambar, email, video, aplikasi, dan database. 

Data-data tersebut sifatnya sangat penting dan dibutuhkan agar website bisa berfungsi dengan baik. Mengutip dari Technopedia, hosting merupakan layanan yang menyediakan sumberdaya penyimpanan dan komputasi bagi individu atau organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan suatu server.

TRENDING:  Cara Mengatasi Droplet Error Database Connection

Hosting juga erat kaitannya dengan domain, tanpa hosting maka situs web yang anda bangun tidak dapat berjalan dengan baik. WP Begginers mengatakan bahwa Hosting diibaratkan sebagai rumah, sedangkan domain adalah alamat dari rumah tersebut. 

Pada saat membuat website, hal yang terpenting adalah mencari layanan hosting yang aman dan terpercaya. Perusahaan hosting biayanya menyediakan ruang server untuk penyimpanan semua asset dan data untuk website. Sama hal-nya seperti menyewa sebuah rumah, anda juga harus rutin membayar biaya sewa pada saat menggunakan layanan hosting.

Fungsi Dari Hosting

Fungsi dari hosting itu sendiri terdiri atas beberapa fungsi yaitu:

  1. Membuat halaman website
  2. Mengembangkan situs jual-beli online
  3. Melindungi website dari SSL
  4. Membuat email professional
TRENDING:  Jelaskan Pengertian Shared Hosting? Berikut Penjelasannya

Jenis-Jenis Hosting

Hosting juga memiliki beberapa jenis yang berbeda yaitu:

Cloud Based Hosting

Hosting jenis ini merupakan paket dengan peminat terbanyak karena tidak memiliki downtime. Pada penggunaan Cloud hosting, kelompok server dengan file dan resource direplikasi pada setiap server. Hal ini memungkinkan situs anda akan di route ke server yang lain dalam suatu klaster jika salah satu dari server anda sibuk.

Dedicated Hosting

Jenis hosting ini menawarkan control maksimal atas layanan hosting yang anda gunakan. Penggunaannya cukup fleksibel dan juga mampu mengoperasikan sistem operasi dengan software yang digunakan.

Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting tradisional yang membagi satu server kepada beberapa user yang berbeda, layanan server ini memiliki harga yang terjangkau dan sangat sederhana cocok untuk anda yang menjalankan website sederhana seperti misalnya blog.

TRENDING:  Cara Mengatasi Droplet Error Database Connection

WordPress Hosting

Website ini merupakan bentuk lain dari shared hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna WordPress. Dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin yang memiliki konfigurasi yang cukup optimal. Paket ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahas seperti pre-designed, drag-and-drop page builder, tool developer serta tema.

VPS Hosting

Jenis yang terakhir yaitu VPS atau Virtual Private Server merupakan perpaduan antara dedicated dan cloud hosting. Dalam hosting ini pengguna dapat menggunakan fungsi yang mirip dengan dedicated server dengan harga yang sama dengan Cloud hosting.VPS hosting cocok untuk anda yang memiliki website dengan traffic yang tinggi.

Hosting memiliki cara kerja yang dimulai dari sebuah perusahaan penyedia layanan hosting menawarkan atau menyediakan ruang server penyimpanan asset dan data untuk kebutuhan website. Jika seseorang yang menuliskan nama domain webset di browser, maka host tersebut akan mengirimkan file yang diperlukan untuk mengakses website tersebut.