fbpx
cara daftar dtks online

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP

DTKS merupakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi PPKS atau Pelayanan Kesejahteraan Sosial, PSKS atau penerima Bantuan dan Sumber Kesejahteraan Sosial. DTKS diketahui memuat hingga 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan social terendah.

DTKS dibuat berdasarkan hokum dengan ketentuan UU No. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Urusan Pemerintah di Bidang Sosial, Permensos No. 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Verivikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Permensos No. 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, dan Permensos No. 11 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permensos Nomor 5 Rahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Cara masuk kedalam DTKS yaitu masyarakat harus mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK, selanjutnya akan dilakukan musyawarah tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga terdaftar apakah layak untuk masuk kedalam DTKS berdasarkan prelist awal dan usulan baru.

Selanjutnya akan diadakan validasi data dengan mendatangi atau melakukan kunjungan ke rumah warga, kemudian validasi data akan diinput secara offline oleh perangkat Desa/Kelurahan.

Namun seiring perkembangan tekhnologi, anda dapat melakukan pendaftaran DTKS melalui smartphone anda. Sehingga anda tidak perlu lagi mengantri atau keluar rumah untuk mendaftarkan DTKS anda.

TRENDING:  Cara Daftar Penerima Bantuan Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP

Kementrian Sosial (Kemensos) membuka pendaftaran DTKS via online melalui aplikasi “Cek Bansos Kemensos”. Melalui aplikasi ini, masyarakat berkesempatan untuk mendapatkan bansos dari pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Untuk melakukan pendaftaran DTKS secara online, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  1. Mengunduk aplikasi “Cek Bansos Kemensos” di ponsel anda
  2. Setelah selesai terunduh, lakukan registrasi dengan menekan “Buat akun baru” pada halaman yang tersedia
  3. Setelah itu anda akan diarahkan menuju halaman baru, silahkan isi data anda sesuai instruksi dan data yang diminta oleh aplikasi
  4. Tunggu hingga data anda di verivikasi oleh sistem, anda akan mendapatkan pemberitahuan aktivasi akun melalui email yang anda masukkan
  5. Jika akun telah di verivikasi, silahkan login menggunakan username dan password yang telah anda buat
  6. Pada halaman awal pilih menu daftar usulan
  7. Isikan kembali data anda kemudian pilih jenis bansos
  8. Selanjutnya data anda akan ditinjau sebagai warga yang berhak atau tidak mendapatkan KPM DTKS.
  9. Cek status pendaftaran atau pengumuman pada aplikasi tersebut

Itulah beberapa penjelasan dan cara pendaftaran yang telah kami rangkum untuk anda, semoga dapat dimengerti dan silahkan daftarkan diri anda.

TRENDING:  Cara Daftar Bantuan STB TV Gratis Dari Pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published.