cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan tanpa aplikasi

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

BPJS Ketenagakerjaan atau yang dikenal juga sebagai BPJAMSOSTEK merupakan badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang memberikan perlindungan bagi para pekerja untuk mengatasi resiko social ekonomi tertentuk akibat hubungan kerja.

Program ini berfungsi sebagai jaminan apabila para pekerja mengalami kecelakaan kerja berupa pemberian kompensasi dan rehabilitasi, kecelakaan terhitung pada saat berangkat kerja hingga pulang bekerja dan tiba dirumah, dan atau pekerja menderita penyakit akibat hubungan kerja.

Menurut pasal 14 UU nomor 24 tahun 2021, BPJS menjadi penyelenggara jaminan social. Sehingga mempunyai kewajiban untuk memberikan jaminan social pada masyarakat Indonesia. jaminan yang disediakan yaitu JHT (Jaminan Hari Tua), Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan kehilangan pekerjaan (PHK). Para penerima dapat memilih jenis pembayaran iuran, seperti penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), jasa konstruksi dan pekerja migrant Indonesia (PMI).

TRENDING:  Tips dan Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Wajib Kamu Ketahui

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi

Pencairan dan pengecekan kompenasi dapat dilakukan dengan atau tanpa aplikasi. Pengecekan dengan aplikasi dapat dilakukan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). Namun jika ponsel anda sudah mencapai batas maksimum penggunaan dana, jangan khawatir karena anda tetap dapat mengeceknya tanpa aplikasi.

Anda dapat mengunjungi laman website BPJS ketenagakerjaan, berikut langkahnya:

  • Buka browser favorit anda dan masukkan alamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id pada kolom pencarian
  • Login dengan email dan kata sandi anda, jika anda belum mempunyai akun silahkan buat akun terlebih dahulu dengan menekan “buat akun baru” dan mengikuti instruksi yang diberikan
  • Setelah membuat akun maka masukkan password dan email lalu tekan “Saya bukan robot”
  • Setelah login, tekan menu “lihat saldo” dan saldo anda akan terlihat.

Selain itu, anda juga dapat mengecek melalui SMS  melalui nomor 2757, namun anda harus melakukan pendaftaran terlebioh dahulu. Berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi untuk pengiriman SMS
  • Buat pesan baru dengan nomor tujuan 2757
  • Ketik DAFTAR (spasi) SALDO#NIK#NAMA#TEMPAT TANGGAL LAHIR#NOMOR PESERTA, contohnya DAFTAR 25000#7006111100002221#FATIMAH#SURABAYA 12 APRIL 1996#12. Dan kirimkan sms tersebut.
  • Tunggu hingga mendapat balasan (pastikan dari nomor resmi agar anda tidak terkena penipuan)
  • Untuk mengecek saldo, cukup menuliskan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, contohnya SALDO 12. Dan kirimkan ke 2757.
  • Jika anda ingin menggantik nomor ponsel yang andagunakan cukup ketik format berikut: DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) HP#NOMOR PONSEL LAMA#NOMOR KTP, contohnya DAFTAR GANTI 0123456789#7006111100002221. Dan kirimkan sms ke 2757.
TRENDING:  Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Pasien Covid 19

Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda, silahkan cek artikel kami yang lain untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.