fbpx
batu terkeras di dunia

3 Jenis Batu Terkeras Di Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Batu merupakan benda alam yang tersusun dari kumpulan material penyusun kerak bumi yang menyatu secara padat maupun yang berserakan. Batu terbentuk karena sebuah proses alam dan didalamnya terdapat satu ataupun beberapa jenis mineral.

Batu berfungsi sebagai mantel bumi yang terletak pada permukaan bumi, selain itu batu juga dapat digunakan sebagai pondasi bangunan serta beberapa jenis batu lainnya berfungsi sebagai perhiasan.

3 Jenis Batu Terkeras Di Dunia

Batu merupakan benda berwujud padat dan dapat berubah bentuk jika mendapatkan pengaruh eksternal. Proses kristalisasi magma, sedimentasi atau metamorfisme dapat membentuk sebuat batu.

Namun tahukah kamu bahwa terdapat jenis batu yang paling keras di dunia? Berikut ini jenis batu terkeras di dunia dan juga material yang lebih keras dari batu tersebut.

Intan 

Intan atau yang kita kenal sebagai berlian adalah jenis batu yang paling keras di dunia. Intan merupakan benda padat mineral yang sangat berharga dan secara kimia berbentuk Kristal atau alotrop dari karbon, kekerasannya mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi dan kemampuannya mendispersi cahaya, material ini dikatakan memiliki sifat fisika yang istimewa.

Sifat-sifat istimewa dari intan yaitu dispersi (kemampuan mendispersikan cahaya, contohnya membuat pantulan seperti warna pelangi), kekerasan dan ketahanan (intan jauh ebih kokoh dibandingkan dengan permata jenis lain), konduktivitas termas, dan kilauan atau cahaya.

TRENDING:  Cara Cek Kuota by U Tanpa Aplikasi

Lonsdaleite 

Lonsdaleite adalah material yang tingkat kekerasannya lebih dari intan. Meskipun sama-sama terbentuk dari atom karbon, namun mereka memiliki bentuk yang berbeda. Material ini 58% lebih keras dibandingkan dengan intan, material ini terbentuk ketika meteorit yang mengandung grafit menyentuh bumi. Material ini sangatlah langka, memiliki warna kuning kecoklatan serta wujudnya hampir transparan.

Wurtzite Boron Nitride

Material ini merupakan material paling keras dibumi. jika dibandingkan dengan intan, material yang dimikilinya hampir sama namun material ini lebih keras karena terbuat dari suhu yang sangat panas dan tekanan yang sangat tinggi ketika erupsi gunung berapi terjadi. Material ini sering diolah menjadi perkakas dan juga alat potong.

Tiga batu diatas merupakan batu terkeras di dunia yang terbuat dari proses alami alam. Namun jika dinilai dari segi material, sebenarnya terdapat material-material lain yang jauh lebih keras dari tiga benda diatas.

Contohnya yaitu Graphene (satu atom dari material ini 20 kali lebih kuat dari baja), Carbon Nantotube (memiliki ukuran 50 ribu kali lebih tipis dari rambut manusia dan 500 kali lebih kuat dari aja), Metalic Glass (sering digunakan pada senjata militer dan bidang penerbangan).

Itulah beberapa jenis batu dan material yang paling keras di dunia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan silahkan kunjungi ariker kami yang lain jika anda menginginkan informasi lainnya.

TRENDING:  Cara Cek Kuota by U Tanpa Aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.