apa itu nfc pada hp
source: huawei.com

Apa Itu NFC Pada HP? Inilah Penjelasannya

Apa Itu NFC Pada HP – Halo Sobat FreeZone Hampir semua ponsel terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Disadari ataupun tidak, ponsel yang kamu gunakan saat ini kemungkinan telah menggunakan fitur NFC.

Teknologi NFC tidak memakan banyak penggunaan battery, fitur ini hanya menggunakan baterai dengan daya minimal.
NFC biasanya digunakan dalam pembayaran online dan transfer data, sehingga NFC bisa digunakan untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Nah untuk kamu yang belum mengetahui mengenai Apa Itu NFC Pada HP. Di bawah ini kami akan ulas tentang fitur terbaru smartphone pada saat ini.

Mengenal Apa Itu NFC Pada HP

Walaupun di Indonesia penggunaan NFC belum sepenuhnya digunakan, tetapi Jumlah penggunaan NFC Pada HP saat ini terus bertambah setiap harinya. Untuk mengetahui perangkat ponsel apa yang sudah memanfaatkan teknologi NFC, NFC World menyimpan daftar ponsel berkemampuan NFC. Banyak sekali smartphone Android yang telah memiliki teknologi NFC, dan juga pada smartphone iPhone yang sudah dilengkapi NFC sejak diluncurkan iPhone 6.

TRENDING:  Cara Mudah Melihat Versi IOS di iPhone

Pengertian NFC

NFC atau Near Field Communication, dapat memungkinkan hp, tablet, laptop, dan perangkat lain untuk berbagi data dengan perangkat berkemampuan NFC lainnya. NFC sendiri merupakan evolusi dari perkembangan teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID).

Dengan NFC memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dengan lancar antar perangkat digital, melakukan pembayaran tagihan secara nirkabel, atau bahkan menggunakan ponsel mereka sebagai surat elektronik pada infrastruktur tanpa sentuh yang digunakan untuk transportasi umum.

Keuntungan Penggunaan NFC pada HP

NFC adalah peningkatan dari teknologi standar kartu proximity (RFID) yang ada, yang mengintegrasikan kartu pintar dan antarmuka pembaca ke dalam satu perangkat. Hal ini hampir mirip dengan cara kerja Bluetooth.

Namun keuntungan utama NFC Pada HP dibandingkan Bluetooth adalah waktu transfer data yang lebih singkat. Beda halnya dengan Bluetooth yang harus menerapkan pengaturan manual untuk mengidentifikasi perangkat Bluetooth, koneksi antara dua perangkat NFC dibuat lebih cepat dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1/10 detik.

TRENDING:  Cara Restart Samsung Galaxy S7 - S7 Edge yang Hang

Karena jarak transfer data antar NFC begitu dekat, ini membuat tingkat keamanan NFC jauh lebih tinggi daripada Bluetooth, dan membuat NFC cocok untuk area ramai yang terhubung ke perangkat yang ditransmisikan.

NFC juga dapat berfungsi saat perangkat tidak menggunakan baterai (misalnya pada ponsel yang dimatikan, kartu kredit pintar, tidak ada komunikasi, dll).

Bagaimana Cara Kerja NFC

Beda halnya dengan Bluetooth, NFC tidak memerlukan sinkronisasi manual atau harus mendeteksi perangkat terlebih dahulu untuk mentransfer data. Konektivitas NFC secara otomatis dimulai ketika perangkat NFC lain berada dalam kisaran 4 inci.
Begitu kedua perangkat NFC berada dalam jangkauan, kedua perangkat tersebut akan segera berkomunikasi dan mengirim instruksi kepada pengguna.

Hal Lain yang Bisa Dilakukan NFC

NFC memiliki kemampuan untuk menggunakan fungsi tap and go – dompet digital seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay hanya mencakup sebagian dari kemampuannya. Untuk pecinta musik dapat dengan cepat menghubungkan perangkat mereka ke speaker melalui NFC namun dengan jarak yang dekat.

TRENDING:  Oppo Reno 6 Harga dan Spesifikasi 2021

Selain itu dengan menggunakan NFC Anda bahkan bisa mengakses komputer kantor dengan mengetuk ponsel, membuka kunci pintu mobil, atau memantau kesehatan dan kebugaran Anda.

Kesimpulan

NFC merupakan teknologi terbaru yang dapat memungkinkan terhubungnya 2 atau lebih perangkat dengan efekti dan efisien. Dan ini lebih baik dari Bluetooth ataupun fitur sejenis lainnya. Nah, itu dia tadi ulasan kami tentang apa itu nfc pada hp. Dengan hadirnya NFC pada perangkat hp anda, akan mempermudah proses manajemen anda dan aktifitas yang berhubungan dengan akses penting lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.