fbpx
pengertian shared hosting

Jelaskan Pengertian Shared Hosting? Berikut Penjelasannya

Halo Sobat FreeZone, memulai mengenal dunia internet marketing, kamu tidak akan lepas dari hosting. Nah hosting sendiri itu terdapat dua jenis yaitu shared hosting dan dedicated hosting. Nah kali ini admin akan sedikit menjelaskan tentang pengertian shared hosting.

Jelaskan Pengertian Shared Hosting

Pengertian Shared hosting adalah layanan hosting yang mana terdapat beberapa account hosting dalaam satu server yang sama. Jadi Ketika kamu menyewa shared hosting, maka kamu akan menggunakan server hosting bersamaan dengan orang yang juga menyewa shared hosting tersebut.

Inilah yang membuat harga sewa shared hosting lebih murah dibandingkan dengan dedicated hosting. Karena dipakai oleh beberapa account hosting dalam satu server, maka tingkan privasi dan performanya akan dibagi rata kepada seluruh accoung yang ada pada server yang sama.

Karena harganya yang murah shared hosting sendiri merupakan salah satu pilihan paling populer untuk mereka yang baru membangun sebuah website. Namun Ketika website mereka sudah memiliki pengunjung yang banyak, maka biasa mereka akan menyewa dedicated server agar performa situs mereka tetap terjaga walaupun memiliki banyak pengunjung.

Kelebihan dan Kekurangan dari Shared Hosting

Berikut dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari shared hosting yang perlu kamu ketahui. Jadi sebelum menentukan akan memilih shared hosting ataupun dedicated hosting, sebaiknya mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya.

TRENDING:  Pengalaman Terima Adsense Dollar Bank Jenius

Kelebihan Shared Hosting

Biaya Murah yang lebih murah

Shared hosting memiliki biaya sewa yang lebih murah, hal ini karena dalam satu server terdapat beberapa account hosting. Para pengguna shared hosting akan berbagi ruang serta sumber daya dengan yang lainnya. Sebagai perumpamaan shared hosting adalah sebuah mall yang didalamnya terdapat beberapa penjual yang patungan untuk menggunakan mall itu secara bersamaan dan menikmati fasilitas didalamnya Bersama-sama.

Pengelolaan shared hosting biasanya di Kelola oleh penyedia jasa hosting tersebut. Oleh karena itu para penyewa tidak perlu lagi repot-repot untuk mengelola full server. Mereka hanya focus pada pengelolaan situs mereka sendiri. Sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Cara Penggunaan Yang Mudah

Membuat situs pada layanan shared hosting terbilang cukup mudah dibandingkan dengan dedicated server. Sehingga kamu hanya perlu focus pada pengelolaan web ataupun blog.

Namun yang perlu diperhatikan adalah Ketika kamu menggunakan shared hosting, kamu harus sering memantau situs kamu, apakah mudah diakses atau lambat di akses. Biasanya Ketika pengunjung web ataupun blog sudah banyak, situs yang berada pada shared hosting akan mengalami lambat pada saat diakses. Tentunya ini akan berdampak buruk pada para pengunjung. Pengunjung yang merasa lambat mengakses sebuah situs, maka mereka akan mencari situs-situs lain yang lebih cepat aksesnya.

Jika situs kamu sudah tidak mampu di handle oleh shared hosting sebaiknya kamu upgrade layanan ke dedicated hosting untuk performa situs yang lebih baik lagi.

TRENDING:  Apa Yang Di Maksud Dengan Hosting Berikut Penjelasannya

Administrasi dan Pemeliharaan Server Mudah

Penggunaan shared hosting lebih cocok kepada para pemula. Karena mereka belum memiliki pengetahuan lebih tentang dunia web dan layanan hosting. Sehingga shared hosting lebih direkomendasikan bagi mereka yang mulai belajar membangun blog ataupun sebuah website.

Saat ini sudah banyak jasa penyedia layanan hosting dengan kemudahan dalam membangun situs. Bahkan mereka juga menyediakan tutorial dan tanya jawab seputar hosting. Sehingga pemula tidak akan mengalami kesulitan dalam belajar menggunakan hosting. Apa lagi saat ini call center mereka sampai 24 jam full support.

Cocok untuk Blog / Website Bisnis Skala Kecil

Bagi kamu yang memiliki bisini skala kecil dan ingin membangun website, menggunakan shared hosting adalah pilihan tepat. Karena shared hosting masih mampu menghandle pengunjung blog yang tidak begitu banyak.

Beda halnya dengan situs berita ataupun situs besar yang pengunjungnya bisa sampai jutaan/hari. Tentunya ini tidak akan mampu kalau hanya menggunakan shared hosting dengan layanan yang terbatas.

Control Panel yang mudah

Shared hosting memiliki akses control panel yang mudah digunakan, sehingga bagi pemula sekalipun pasti sangat mudah untuk mempelajari control panel sebuah shared hosting.

Dengan kemudahan penggunaan control panel, kamu dapat lebih mudah untuk merawat dan membangun sebuah blog.

Akses Email tetap pada akun email pengguna

Walaupun shared hosting digunakan secara Bersama-sama oleh beberapa akun, kamu tidak perlu khawatir mengenai penggunaan email. Kamu tetap bisa menggunaan email hosting walaupun dalam satu server oleh email pengguna lain.

TRENDING:  Apa Itu Hosting dan Domain? Berikut Penjelasannya

Kekurangan Shared Hosting

Kontrol Yang Terbatas pada Server

Para pengguna shared hosting memiliki control yang terbatas ke server hosting. Hal ini karena dalam satu server terdapat beberapa akun pengguna, sehingga dengan dibatasinya akses ke server ini dapat membuat pengguna lain tetap aman menggunakan shared hosting.

Dapat Terjadi Crash

Karena digunakan secara Bersama-sama, tidak menutup kemungkinan shared hosting mengalami crash atauapun hang. Bisa jadi karena adanya beban trafik yang besar pada salah satu web atau blog pengguna lain, sehingga berdampak kepada beberapa pengguna yang menggunakan server yang sama.

Keamanan yang kurang

Server yang digunakan secara Bersama-sama tidak menutup kemungkinan mengalami penurunan dalam hal keamanan. Berbeda dengan dedicated server yang hanya memiliki satu pengguna saja.

Hal ini bisa disebabkan oleh pengguna lain yang menyalah gunakan akses atau fitur pada server tersebut. Sehingga celah keamanan shared hosting lebih rawan.

Penggunaan Sotware yang terbatas

Jika kamu menggunakan shared hosting, kamu tidak dapat menginstall ataupun menggunakan software lain pada server. Kamu hanya bisa mengkases software yang sudah disediakan oleh jasa penyedia hosting.

Tentunya ini berbeda dengan dedicated server, yang mana kamu dapat menginstal software lain sesuai keinginan. Karena kamu memiliki control full pada server tersebut.

Pentutup

Itulah yang dapat admin sampaikan perihal jelaskan pengertian shared hosting. Semoga dengan membaca artikel diatas dapat menjadi bahan acuan untuk memili shared hosting ataupun dedicated hosting. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.