cara penulisan email yang benar

Penulisan Email Yang Benar Agar Terlihat Profesional

FreeZone88 – Halo sobat FreeZone, dengan cepatnya perkembangan teknologi saat ini, memiliki akun email merupakan salah satu hal yang wajib kita miliki. Email saat ini merupakan salah satu media untuk mengirim informasi ataupun pesan penting.

Email biasanya digunakan untuk mengirim pesan yang berhubungan dengan bisnis ataupun pekerjaan. Selain itu email juga sebagai pesan pemberitahuan Ketika kita akan mendaftar pada akun tertentu atau pada situs-situs yang mensyaratkan untuk mendaftarkan akun.

Namun yang perlu kamu ketahui bagi pemula adalah penulisan email yang benar memiliki beberapa persyaratan agar email kamu terkirim dengan tepat dan terlihat lebih professional. Nah dibawah ini admin akan membagikan bagaimana cara penulisan email yang benar.

Salah satu penyedia email terbesar saat ini adalah google. Dengan memiliki akun google, kamu sudah dapat menikmati fitur email gratis dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB. Kapasitas penyimpanan ini terbilang cukup besar jika hanya sekedar untuk mengirim dan menerima email.

TRENDING:  Cara Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

Cara Penulisan Email Yang Benar Agar Terlihat Profesional

penulisan email yang benar

Gambar diatas adalah Contoh Email Yang Benar. Tanpa lama-lama yuk langsung kita simak dibawah ini cara penulisan email yang benar agar terlihat lebih professional.

  1. Alamat Tujuan Email

Yang pertama adalah kamu harus tau alamat email yang akan dituju. Usahakan penulisan alamat email juga harus sesuai. Karena jika ada penulisan kata, maka email yang kamu kirim tidak akan sampai pada alamat tujuan.

  1. Tulis Subject Email

Subjek email adalah judul inti dari isi email tersebut. Misal nih kamu akan mengirim surat lamaran kerja kepada perusahaan, maka di subjek bisa kamu tuliskan “Surat Lamaran Pekerjaan Security”. Penulisan subjek tidak boleh terlalu Panjang.

Usahakan penulisannya tidak terlalu Panjang dan merupakan inti dari isi email yang akan kamu tulis.

  1. Menyapa Orang yang Dituju

Kamu sebaiknya tidak langsung menuliskan isi email, tetapi sebelumnya kamu harus menyapa orang yang akan dituju. Contohnya Dear Pak Anto, atau bisa juga kata Dear diganti dengan Halo dan Assalamualaikum.

TRENDING:  Pengalaman Terima Adsense Dollar Bank Jenius

Juga bisa diiringi dengan tulisan “Salam Hangat dari PT. Maju Mundur”. Penulisan ini sebenarnya optional, kamu dapat menuliskan ini ataupun tidak.

Kata sapaan yang paling sering digunakan pada perusahaan-perusahaan adalah kata Dear. Jika kamu tidak mengetahui nama dari alamat yang akan dituju. Kamu dapat mengganti dengan Jabatan dari alamat yang dituju tersebut. Contohnya Dear Bapak Pimpinan PT. Maju Mundur.

  1. Gunakan Bahasa Baku

Gunakanlah Bahasa baku jika kamu mengirim email, apalagi Ketika akan mengirim surat lamaran pekerjaan. Penggunaan Bahasa yang baik dan benar akan jadi pertimbangan tersendiri kamu dapat diterima di perusahaan tersebut.

  1. Penutup

Tutup penulisan email dengan menggunakan kata-kata penutup. Seperti “Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya”. Ini menandakan bahwa kamu menghargai waktu dan respon penerima email tersebut.

Tuliskan juga nama dan jabatan kamu. Berikut contoh kata penutup

Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya

TRENDING:  Cara Mudah Membuat Formulir Pendaftaran di Ms Excel

Salam,

Kamaruddin

IT

  1. Sertakan Lampiran

Sertakan lampiran jika diperlukan, jika kamu mengirim email lamaran pekerjaan maka kamu harus melampirkan file CV kamu. Sebelum melampirkan file, jika file kamu banyak, kamu dapat archivekan dalam bentuk Rara tau Zip.

Penutup

Itulah cara penulisan email yang benar dan terlihat lebih professional. Email merupakan cara pengiriman pesan bisnis, jadi penulisannya pun harus baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.