kenapa hp tidak bisa di cas

Kenapa HP Tidak Bisa di Cas ? Lihat Faktor dan Cara Mengatasinya

FreeZone88 – para pengguna smartphone pasti pernah merasakan bahwa kenapa hp mereka tidak bisa di cas. Padahal chargernya tidak mengalami kerusakan. Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor, mulai dari faktor software dan hardware.

Bagi sebagian orang hal yang paling ditakuti adalah smartphone lowbat dan tidak dapat di cas. Sudah mencoba menggunakan cas baru tetap saja smartphone tidak dapat terisi. Untuk mengatasi hal ini kita perlu menganalisa dulu, apakah yang menjadi penyebab hp tidak dapat di cas.

Untuk itu admin telah menyediakan alasan mengapa hp tidak dapat di cas dibawah ini. Yuk langsung simak ulasannya dibawah ini.

Daftar Isi

Penyebab Kenapa HP tidak Bisa di Cas

Ketika kamu tidak dapat mencas HP kamu, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menganggap bahwa battery smartphone kamu telah mengalami kerusakan. Beberapa penyebab smartphone tidak dapat dicas adalah sebagai berikut.

1.      Hardware

Salah satu faktor utama hp tidak dapat di cas adalah terdapat bagian komponen pendukung yang mengalami kerusakan. biasanya komponen ini berada pada bagian slot cas dan memiliki peran dalam proses pengisian batteray.

Contoh hardware yang bisa jadi patokan pada saat hp tidak dapat di cas adalah charger, kabel, adaptor, atau sockets dan juga port charger pada HP. Sehingga untuk memastikannya penyebab hardware mana yang bermasalah, harus di lakukan pengecekkan lebih teliti.

2.      Software

Software juga memiliki peran penting saat hp kamu tidak dapat di cas. Smartphone sekarang memiliki software untuk mendeteksi saat cas terhubung dengan hp. Jika software mengalami kerusakan, maka akan sulit mendeteksi cas dan pengisian battery juga akan gagal.

TRENDING:  Hp Dengan Kamera Bagus dan Keren - Buat Kamu Yang Suka Selfie

3.      Stopkontak

Pastikan stopkontak yang kamu gunakan untuk cas hp dalam keadaan baik. Walaupun tidak berhubungan langsung dengan smartphone tetapi stopkontak juga memiliki peran penting.

Karena stopkontak yang rusak dapat menyebabkan aliran listrik ke cas menjadi terhalang.

Tips Mengatasi Smartphone yang tidak bisa di Cas

Dengan mengetahui penyebab-penyebab diatas, maka selanjutnya kita dapat melakukan hal-hal simple ini agar hp kita bisa di cas Kembali.

Namun jika telah mengikuti Langkah dibawah ini namun hp masih tidak bisa cas, maka kemungkinan terjadi kerusakan yang parah pada smartphone kalian.

1.      Restart Hp

Jika penyebabnya dari software hp, kamu bisa melakukan restart hp agar system refresh Kembali dan beberapa aplikasi bisa berjalan dengan normal Kembali.

2.      Periksa Port USB Charger di HP

Selanjutnya coba perika port usb, bisa jadi port tersebut telah ditutupi oleh debu-debu yang membandel.

TRENDING:  Download Apliikasi Get Name Yang Lagi Viral

Jika kamu melihat debu yang tebal dan melengket, cobalah untuk membersihkanya terlebih dahulu sebelum menggunakan cas lagi.

3.      Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Menjaga kebersihan port dan lubang port di smartphone kamu, dapat memastikan bahwa proses charger tidak mengalami masalah. Periksalah dan bersihkanlah port secara teratur agar terjaga kebersihannya.

4.      Periksa Kondisi Baterai

Kondisi batteray juga dapat kita Analisa terlebih dahulu. Bagi mereka yang memiliki hp iPhone, di smartphone tersebut memiliki fitur untuk mengetahui Kesehatan battery. Sedangkan di android tidak memiliki fitur tersebut.

Jika battery smartphone kamu sudah tidak sehat lagi, segeralah melakukan pergantian battery agar smartphone kalian tetap awet dan terjaga.

Penutup

Itulah kenapa hp tidak bisa di cas. Sehingga kita perlu untuk mengetahui faktor-faktor apa penyebabnya dan dapat melakukan tips pencegahan hp tidak bisa di cas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.