fbpx
aplikash mHealth
source: google play

Aplikasi mHealth Untuk Layanan Kesehatan Ibu dan Anak

FreeZone88 – Dalam upaya peningkatan akses dan kualitas layanan ibu dan anak, sejumlah Dosen dari Fakultas Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengembangkan sebuah aplikasi yang bernama mHealth.

Aplikasi ini ditujukan untuk para Bidan dan Kader. Dosen yang tergabung dalam tim Pengabdi Masyarakat ini bermaksud menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat guna meningkatkan akses dan kualitas layanan.

Kegunaan Aplikasi mHealth

aplikasi mhealth

mHealth sendiri merupakan aplikasi yang berupa formular pengumpulan data menggunakan platform Open Data Kit (ODK). Aplikasi ini berbasis system operasi Android untuk membantu para kader dan bidan dalam pengumpulan data di lapangan.

TRENDING:  Aplikasi Edit Foto Jadi Kartoon ToonArt

Dengan aplikasi mHealth kita dapat mengetahui pelayanan Kesehatan dari informasi mengenai kondisi demografi dan Kesehatan di populasi. Sehingga menghasilkan satu system informasi yang akurat dan tepat guna dalam memantau Kesehatan di wilayah masyarakat.

Sehingga kedepannya dapat memberikan informasi pemantauan yang berkelanjutan dan berfungsi untuk mengambil sebuah keputusan.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk program Kesehatan secara rutin dan memantau, mengevaluasi serta perbaikan program Kesehatan ibu dan anak. Sehingga diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kualitas data layanan Kesehatan untuk ibu dan anak serta mendukung pengambilan kebijakan yang strategis dalam rangka peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan ibu & anak.

TRENDING:  Aplikasi Edit Foto Yang Lagi Trend Sekarang

Tujuan dari informasi aplikasi mHealth untuk meningkatkan kualitas data kesehatan ibu dan anak ini didasarkan pada tingginya angka kesakitan serta kematian ibu dan anak yang saat ini masih menjadi salah satu masalah utama dalam kesehatan masyarakat.