fbpx
cara mengatur kecerahan layar laptop

Cara Meredupkan Cahaya Laptop Windows Terbaru

FreeZone88 – Halo Sobat FreeZone, terlalu lama berhadapan depan laptop atau komputer terkadang membuat mata kita cepat lelah. Apalagi ketika cahaya layar laptop sangat terang ataupun sangat redup.

Ada beberapa orang yang tidak terlalu nyaman ketika cahaya laptop terlalu terang ataupun terlalu redup. Nah untuk itu admin akan share bagaimana cara mengatur kecerahan layar pada laptop.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatur kecerahan layar komputer. Ada yang dengan menggunakan kombinasi tombol keybord ataupun shortcut pada keyboard. Ada juga cara dengan masuk di menu display pada control panel. Namun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan shortcut cahaya pada keyboard.

TRENDING:  Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP Termudah

Cara Mengatur Cahaya Layar Laptop

Untuk menerangkan ataupun mengurangi cahaya laptop sesuai dengan keinginan dan keyamanan mata, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini

Mengatur Cahaya Laptop Dengan Menggunakan Keyboard

Kamu bisa menggunakan shortcut pengaturan cahaya yang biasa ada pada keybord. Contoh disini pada keyboard laptop lenovo pengaturan cahaya ada pada tombol F11 dan F12. F11 untuk mengurangi kecerahan layar sedangkan F12 untuk menerangkan cahaya laptop.

Kamu hanya perlu memperhatikan apakah shortcut cahaya itu berada diatas F11 ataupun dibawah. Jika berada diatas kamu dapat langsung menekan tombol F11. Namun jika berada dibawah maka kamu menggunakan kombinasi tombol Fn + F11. Begitu juga dengan cara mencerahkan layar laptop.

TRENDING:  Penulisan Email Yang Benar Agar Terlihat Profesional

Mengatur Kecerahan Layar Laptop Dengan Menggunakan Shorcut di Taskbar

Di windows 10 dan 11, bagian kanan bawah taskbar terdapat menu setting yang bisa kamu langsung gunakan untuk mencerahkan ataupun meredupkan cahaya komputer kamu. Caranya klik pada taskbar dengan icon wifi, sound dan icon battery.

Maka akan muncul menu setting pop up, langsung saja geser slide pada bagian brightness, geser kekiri untuk meredupkan dan geser ke kanan untuk mencerahkan layar komputer kamu.

TRENDING:  Penyebab Hotspot Mikrotik Sering Disconnect

cara meredupkan cahaya laptop

Meredupkan Cahaya Laptop Pada Menu Mobility Center

Caranya cukup mudah kamu cukup menggunakan kombinasi tombol Windows + X dan pilih menu Mobility Center. Maka akan muncul tampilan windows mobility center seperti gambar dibawah ini

cara mengatur kecerahan layar laptop

Pada bagian Display brightness geser slide kearah kanan untuk menaikan kecerahan layar dan geser ke arah kiri untuk meredupkan cahaya layar laptop kamu.

Penutup

Itulah beberapa cara meredupkan cahaya layar komputer kamu. Kamu dapat mengikut salah satu cara diatas. Jika versi windows kamu berbeda, kamu bisa menggunakan cara ketiga yaitu mobilty center. Semoga bermanfaat.