fbpx
contoh surat pengunduran diri terbaru

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaru

FreeZone88 – Dinamisnya dunia kerja membuat ada beberapa orang memiliki perbedaan dalam menjalani pekerjaannya. Beberapa orang dari awal masuk sampai berpuluh-puluh tahun lamanya, betah bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Namun tidak sedikit orang juga yang tidak betah bekerja dengan berbagai macam alasan, sehingga mengambil keputusan untuk keluar atau resign dari perusahaan tersebut.

Salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi sebelum keluar atau resign dari sebuah perusahaan adalah dengan membuat surat pengunduran diri. Adapun tujuan membuat surat pengunduran diri adalah untuk memberitahukan atasan atau pihak HRD bahwa anda berniat untuk resign atau berhenti bekerja dari perusahaan mereka.

Ada beberapa perusahaan yang sudah memberikan format atau template surat pengunduran diri, namun tidak jarang juga perusahaan yang belum memiliki format baku tentang penulisan surat pengunduran diri ini. Jadi seorang karyawan yang hendak resign dari sebuah perusahaan, terkadang kebingungan dalam membuat surat pengunduran diri. Dalam membuat surat pengunduran yang baik, harus memperhatikan penggunaan kata-kata yang sopan dan memiliki etika, agar tidak meninggalkan kesan buruk atau tindakan yang kurang professional pada perusahaan.

BACA JUGA:  Ini Point Penting Surat Lamaran Kerja yang Benar

Pemilihan contoh surat pengunduran kerja harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan, karena pengunduran diri merupakan hal yang sensitif. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri dan setidaknya memiliki: Header yang didalamnya berisi Tempat (kota), dan Tanggal surat dibuat, nama perusahaan dan alamat perusahaan dituju. Tuliskan salam pembuka, paragraph yang berisikan pernyataan alasan mengundurkan diri, cantumkan tanggal kapan akan mengajukan resign, ucapan terimakasih dan permohonan maaf, salam penutup, dan tanda tangan.

Dalam penulisan surat pengunduran diri sebaikanya menghindari menjelek-jelekkan siapapun jika belum yakin, tidak mengungkapkan rasa terima kasih, dan menyombongkan tempat kerja baru. Hal yang terpenting bagi penulis surat pengunduran diri adalah mengecek dan membaca kembali surat resign yang telah dibuat tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat dijadikan acuan bagi orang yang baru membuat surat resign.

Contoh Surat Pengunduran dan File Downloadnya

Dibawah ini adalah dua contoh surat pengunduran diri resmi dan contoh surat pengunduran diri di parbankan. Untuk file downloadnya dapat klik link ini Contoh surat pengunduran diri

BACA JUGA:  Download Contoh Surat Lamaran Kerja Terkini

CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI RESMI

 

Kendari, 30 November 2022

Kepada Yth,

HRD PT Jaya Makmur

di Jalan Jendral Achmad Yani No. 35, Kendari

 

Dengan Hormat,

Nama                           : Oppi Yanti

Alamat                         :  Jl. Ilmiah No 20, Kendari

Jabatan                        : Web Developer

No.Induk Karyawan   : C123486

Saya merupakan salah satu karyawan di PT Jaya Makmur, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin berwirausaha.

Adapun surat ini dibuat dengan berdasarkan pada ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan Undang-Undang Kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Jaya makmur, tanpa ada tekanan apapun yang tersembunyi didalamnya.

Demikian surat ini dibuat dengan kesadaran, tanpa tekanan dari pihak manapun, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

BACA JUGA:  3 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang Terbaru

 

Hormat Saya,

TTD

(Oppi Yanti)

 

CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI PEGAWAI BANK

Bandung, 15 November 2022

 

Kepada Yth.

Kepala Cabang Bank BTPN

Di Jalan Gatot Subroto, 6 Bandung

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini,

Nama                           : Yanti

Jabatan                        : Back Office Staff

No Induk Karyawan   : Q123678

Alamat                        : Jalan Buah Batu No. 30, Bandung

Hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari Bank BTPN terhitung dari tanggal 15 Desember 2022. Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena harus fokus pada pengembangan usaha keluarga.

Terima kasih kepada Bank BTPN atas kesempatan besarnya membentuk karyawan dalam mengembangkan potensinya. Saya juga ingin mengucapkan permohonan maaf apabila kinerja saya masih jauh dari kesempurnaan dan beberapa kali pernah melakukan kesalahan.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga manajemen dapat menimbang dan menerima permohonan pengunduran diri ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

TTD

 

(Yanti)

Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan dan contoh surat pengunduran diri (resign). Semoga pembahasan tentang contoh surat pengunduran diri ini, bisa menjadi acuan bagi para karyawan yang berniat mengajukan resign.