fbpx
google sites

Apa Itu Google Sites, Kegunaan dan Cara Membuatnya

FreeZone88Google Sites adalah layanan pembuatan situs web gratis yang disediakan oleh Google. Dengan menggunakan Google Sites, pengguna dapat membuat situs web tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman atau desain web. Layanan ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna bisa membuat situs web dengan mudah dan cepat. Berikut adalah pengertian, kegunaan, kelebihan dan kekurangan Google Sites.

Pengertian Google Sites

Pengertian Google Sites Google Sites adalah layanan pembuatan situs web gratis yang disediakan oleh Google. Layanan ini memungkinkan pengguna membuat situs web tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman atau desain web. Google Sites memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna bisa membuat situs web dengan mudah dan cepat.

Kegunaan Google Sites

Kegunaan Google Sites Google Sites dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti:

  1. Membuat situs web untuk bisnis kecil atau usaha rumahan.
  2. Membuat situs web untuk organisasi, klub, atau lembaga.
  3. Membuat situs web untuk keperluan akademik, seperti tugas akhir, presentasi, atau jurnal online.
  4. Membuat situs web untuk keperluan pribadi, seperti blog atau album foto.
BACA JUGA:  Cara Mengatasi Droplet Error Database Connection

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Google Sites Google Sites memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Gratis Google Sites adalah layanan gratis dari Google. Pengguna tidak perlu membayar biaya langganan atau biaya bulanan untuk menggunakan layanan ini.
  2. Mudah digunakan Google Sites memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Pengguna dapat membuat situs web dengan cepat dan mudah tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman atau desain web.
  3. Integrasi dengan layanan Google Google Sites terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, dan Google Calendar. Pengguna dapat dengan mudah mengakses file dan dokumen dari Google Drive, menambahkan jadwal acara dari Google Calendar, atau menambahkan formulir dari Google Forms ke dalam situs web.
  4. Dapat diakses dari perangkat apapun Google Sites dapat diakses dari perangkat apapun, seperti komputer, tablet, atau smartphone. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web mereka dari mana saja dan kapan saja.

Kekurangan Google Sites Meskipun memiliki beberapa kelebihan, Google Sites juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Terbatas dalam hal desain Google Sites memiliki fitur desain yang terbatas. Pengguna tidak dapat membuat situs web yang terlalu rumit atau kreatif.
  2. Tidak dapat menggunakan domain kustom secara gratis Pengguna tidak dapat menggunakan domain kustom secara gratis pada Google Sites. Pengguna harus membayar biaya tambahan untuk menggunakan domain kustom.
  3. Tidak mendukung beberapa bahasa Google Sites hanya mendukung beberapa bahasa saja. Pengguna yang ingin membuat situs web dalam bahasa yang tidak didukung harus menggunakan layanan lain.
BACA JUGA:  Apa Itu Hosting dan Domain? Berikut Penjelasannya

Cara Menggunakan Google Sites

Berikut adalah cara menggunakan Google Sites:

  1. Membuka Google Sites Buka browser web dan masuk ke akun Google Anda. Kemudian, ketikkan “Google Sites” pada kolom pencarian atau kunjungi langsung https://sites.google.com. Setelah itu, klik tombol “Mulai” atau “Buat Situs Baru” untuk memulai membuat situs web.
  2. Pilih Tema Pilih tema yang ingin digunakan untuk situs web Anda. Anda dapat memilih tema yang disediakan oleh Google atau mengunggah tema sendiri. Setelah memilih tema, klik tombol “Berikutnya”.
  3. Tentukan Nama Situs Tentukan nama situs web Anda, kemudian tentukan URL situs web. URL situs web harus unik dan tidak ada yang sama dengan yang lain. Setelah itu, klik tombol “Buat”.
  4. Tambahkan Halaman Tambahkan halaman ke situs web Anda dengan mengklik tombol “Tambahkan Halaman”. Anda dapat memilih jenis halaman yang ingin Anda tambahkan, seperti halaman Beranda, Halaman Kontak, atau Halaman Tentang Kami.
  5. Edit Konten Setelah menambahkan halaman, mulailah mengedit konten pada halaman tersebut. Anda dapat menambahkan teks, gambar, video, atau tautan ke halaman tersebut. Anda dapat mengedit konten dengan mudah menggunakan editor WYSIWYG yang disediakan oleh Google Sites.
  6. Terbitkan Situs Web Setelah selesai mengedit konten pada situs web Anda, klik tombol “Terbitkan” untuk menerbitkan situs web Anda. Setelah itu, situs web Anda dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.
  7. Kelola Situs Web Setelah situs web Anda terbit, Anda dapat mengelola situs web Anda dengan mengakses panel pengelolaan situs web. Anda dapat menambahkan atau menghapus halaman, mengedit konten, atau menambahkan pengguna lain untuk mengelola situs web Anda.
BACA JUGA:  Cara Ganti Domain Com Google Sites

Demikianlah cara menggunakan Google Sites. Dengan Google Sites, Anda dapat membuat situs web dengan mudah dan cepat tanpa perlu memiliki pengetahuan tentang pemrograman atau desain web.

Penutup

Kesimpulan Google Sites adalah layanan pembuatan situs web gratis yang disediakan oleh Google. Layanan ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga pengguna bisa