fbpx
petir dan hp

Apakah Petir Bisa Menyambar HP?

FreeZone88 – Halo Sobat FreeZone, Petir adalah fenomena alam yang mengerikan dan dapat menyebabkan kerusakan besar pada segala sesuatu yang berada dalam jangkauannya. Ada banyak cerita dan mitos yang tersebar tentang petir, termasuk satu yang sering ditemukan adalah bahwa petir bisa menyambar telepon seluler atau handphone (HP) dan merusaknya. Namun, apakah ini benar-benar mungkin terjadi?

Bagaimana Petir Terjadi?

Petir terjadi ketika terjadi muatan listrik yang besar antara awan dan bumi atau antara dua awan. Muatan listrik ini menimbulkan kilatan cahaya dan suara yang keras. Kilatan petir ini dapat menjangkau jarak yang sangat jauh, tergantung pada kekuatan petir dan kondisi cuaca.

BACA JUGA:  Aplikasi Download dan Share Kembali Status WA Teman Kamu

Apakah Petir Bisa Menyambar HP?

Meskipun petir dapat menjangkau jarak yang sangat jauh, kecil kemungkinan untuk menyambar HP secara langsung. Sebagian besar petir akan menuju ke benda-benda yang lebih besar dan menonjol, seperti pohon, menara, atau bangunan, daripada benda kecil seperti HP. Namun, meskipun petir tidak langsung menyambar HP, namun kejadian buruk masih mungkin terjadi.

BACA JUGA:  Bocoran Spesifikasi Xiaomi CIVI Yang Akan Rilis September 2021

Dampak Petir Terhadap HP

Petir dapat menghasilkan arus listrik yang kuat, dan jika arus listrik ini menyebar melalui jaringan listrik atau telekomunikasi, itu dapat merusak perangkat elektronik, termasuk HP. Ini terjadi karena petir menimbulkan arus listrik yang sangat besar dan cepat, yang dapat memicu arus yang berlebihan pada sirkuit elektronik yang sensitif dan memungkinkan arus tersebut menyebar ke perangkat lain yang terhubung.

Tindakan Pencegahan

Untuk mencegah kerusakan pada HP akibat petir, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil. Pertama, hindari menggunakan HP saat petir terjadi, terutama jika Anda berada di luar ruangan atau dekat dengan jaringan listrik atau telekomunikasi. Kedua, hindari mengecas HP saat petir terjadi, karena charger dapat mengalirkan arus listrik yang dapat merusak perangkat elektronik. Ketiga, pastikan perangkat Anda dilindungi dengan perangkat perlindungan kejutan listrik, seperti UPS atau surge protector.

BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot Saat Nge Game

Kesimpulan

Secara keseluruhan, petir dapat menjadi ancaman bagi perangkat elektronik seperti HP, meskipun tidak langsung mengenainya. Namun, dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat melindungi perangkat elektronik Anda dari kerusakan akibat petir. Jadi, jangan biarkan cerita atau mitos tentang petir yang menakutkan menghalangi Anda untuk tetap menggunakan HP Anda dengan aman.