fbpx
cara membersihkan case hp

Cara Membersihkan Case HP yang Kusam

FreeZone88 – Halo Sobat FreeZone, Mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan kebersihan casing HP Anda, namun kotoran yang menempel pada casing HP bisa menumpuk dan menjadi kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Selain itu, jika tidak membersihkan casing HP secara rutin, kotoran yang menempel dapat membuat tampilan HP terlihat kusam dan kurang menarik.

Cara Membersihkan Casing HP Dengan Mudah

Berikut adalah cara membersihkan casing HP dengan mudah dan aman:

  1. Matikan HP dan cabut baterai atau charger

Sebelum membersihkan casing HP, pastikan untuk mematikan HP dan mencabut baterai atau charger agar Anda dapat membersihkan dengan aman dan tidak merusak perangkat Anda.

  1. Bersihkan casing dengan kain lembut

Untuk membersihkan casing HP, gunakan kain lembut yang tidak berbulu dan lembabkan dengan sedikit air. Jangan terlalu basah karena bisa merusak perangkat Anda. Kemudian, lap perlahan pada casing HP dengan kain tersebut, pastikan untuk membersihkan seluruh bagian casing dengan hati-hati.

  1. Gunakan sikat halus untuk membersihkan bagian sulit

Beberapa bagian pada casing HP mungkin sulit untuk dijangkau dan dibersihkan dengan kain lembut. Untuk membersihkan bagian sulit ini, Anda bisa menggunakan sikat halus atau sikat gigi yang sudah tidak digunakan. Sikat secara perlahan pada bagian-bagian tersebut, jangan terlalu keras menyikat karena bisa merusak permukaan casing.

  1. Gunakan pembersih khusus

Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan pembersih khusus yang aman untuk digunakan pada casing HP. Pastikan untuk memilih pembersih yang tidak mengandung bahan kimia yang keras dan aman digunakan pada casing HP. Selalu ikuti instruksi pada kemasan pembersih dan jangan terlalu banyak menyemprotkan pembersih pada casing HP.

  1. Lap kering dengan kain bersih dan kering

Setelah membersihkan casing HP, lap kering dengan kain bersih dan kering. Pastikan casing benar-benar kering sebelum memasang kembali baterai dan charger.

BACA JUGA:  Oppo Reno 6 Harga dan Spesifikasi 2021

Penyebab Casing HP Kotor

Casing HP yang kusam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Kotoran

Kotoran dan debu yang menempel pada casing HP bisa menyebabkan tampilan casing menjadi kusam. Jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran ini bisa menumpuk dan sulit untuk dihilangkan.

  1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan pada casing HP bisa menyebabkan casing menjadi kusam. Sinar UV yang kuat dapat memengaruhi warna dan material pada casing HP, sehingga casing terlihat kusam dan tidak lagi bersinar seperti semula.

  1. Tersentuh oleh tangan yang kotor

Ketika kita menggunakan HP, tangan kita seringkali menyentuh casing. Tangan yang kotor, berminyak, atau berkeringat bisa menyebabkan kotoran menempel pada casing HP dan membuatnya kusam.

  1. Bahan kimia

Bahan kimia seperti parfum atau pembersih rumah tangga yang terkena pada casing HP bisa menyebabkan casing menjadi kusam. Bahan kimia tersebut bisa merusak permukaan casing HP, terutama pada bagian-bagian yang terbuat dari plastik.

  1. Umur casing

Casing HP yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat casing terlihat kusam. Bahan plastik pada casing HP bisa mengalami perubahan warna dan menguning seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot Saat Nge Game

Itulah beberapa penyebab casing HP yang kusam. Untuk menjaga casing HP agar tetap bersih dan tidak kusam, pastikan untuk membersihkannya secara rutin dan menjaganya dari paparan sinar matahari yang berlebihan serta bahan kimia yang dapat merusak permukaan casing. Dengan menjaga kebersihan casing HP, tidak hanya membuat tampilan HP terlihat lebih menarik, tapi juga membuat perangkat Anda lebih tahan lama dan terhindar dari kotoran yang bisa merusak.