fbpx
surat lamaran kerja yang benar

Ini Point Penting Surat Lamaran Kerja yang Benar

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus Anda siapkan dengan baik. Surat lamaran kerja yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda incar.

Namun, menulis surat lamaran kerja yang baik bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaran kerja Anda menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut ini adalah panduan lengkap dan tips menulis surat lamaran kerja yang benar.

1. Memahami Tujuan Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, Anda perlu memahami tujuan dari surat tersebut. Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang dibuat untuk mengajukan permohonan pekerjaan. Tujuan dari surat lamaran kerja adalah untuk menunjukkan minat Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut dan meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi yang dibutuhkan.

2. Format Surat Lamaran Kerja

Format surat lamaran kerja yang benar adalah sebagai berikut:

a. Heading Surat

Pada bagian heading surat, tuliskan informasi tentang diri Anda, yaitu nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Informasi tersebut biasanya dituliskan di pojok kanan atas surat.

b. Nama Perusahaan dan Alamat

Setelah itu, tuliskan nama perusahaan yang dituju beserta alamat lengkapnya. Informasi tersebut biasanya dituliskan di bawah heading surat.

c. Salam Pembuka

Salam pembuka dalam surat lamaran kerja dapat berupa “Kepada Yth. HRD [nama perusahaan]”. Pastikan Anda mencantumkan nama perusahaan yang dituju dengan benar.

d. Isi Surat

Isi surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pengenalan diri, motivasi, dan penutup.

BACA JUGA:  Cara Membuat dan Contoh Surat Penawaran Barang yang Efektif

i. Pengenalan Diri

Pada bagian pengenalan diri, tuliskan informasi tentang diri Anda, seperti pendidikan terakhir, pengalaman kerja, keahlian, dan prestasi yang pernah diraih. Gunakan informasi tersebut untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi yang dibutuhkan.

ii. Motivasi

Pada bagian motivasi, tuliskan alasan Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan posisi apa yang Anda inginkan. Tunjukkan minat Anda yang tulus dan jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

iii. Penutup

Pada bagian penutup, tuliskan ucapan terima kasih dan harapan untuk dapat diundang untuk interview. Sertakan pula informasi kontak yang dapat dihubungi.

e. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Di bagian akhir surat, tuliskan tanda tangan Anda di atas nama lengkap dan kontak yang dapat dihubungi.

3. Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Selain mengikuti format yang benar, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik:

a. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam menulis surat lamaran kerja. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau slang.

b. Fokus pada Kualifikasi yang Dibutuhkan

Tulislah kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi yang Anda lamar dan jelaskan bagaimana pengalaman, pendidikan, dan keahlian yang dimiliki dapat memenuhi kualifikasi tersebut.

c. Jangan Mengulang Kembali CV

Surat lamaran kerja seharusnya tidak mengulang kembali CV Anda, namun harus menyoroti kualifikasi Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar.

BACA JUGA:  Download Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Terbaru

d. Tunjukkan Minat yang Tulus

Jangan sekadar menulis surat lamaran kerja sebagai formalitas. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan berikan alasan yang jelas mengapa Anda mengajukan permohonan pekerjaan.

e. Perhatikan Detail dan Kesalahan Penulisan

Pastikan surat lamaran kerja Anda bebas dari kesalahan penulisan, seperti ejaan yang salah, tata bahasa yang tidak benar, atau kesalahan lainnya. Detail seperti alamat perusahaan dan kontak yang dapat dihubungi juga perlu diperiksa dengan seksama.

4. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:

[Alamat Anda] [Tanggal]

Kepada Yth, [Alamat Perusahaan] [Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap] Alamat: [Alamat Lengkap] No. Telepon: [Nomor Telepon] Email: [Alamat Email]

Bermaksud mengajukan lamaran kerja untuk posisi [Nama Posisi] yang terdapat pada [Sumber Informasi Lowongan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda karena [Alasan yang Menjadi Motivasi Anda untuk Melamar di Perusahaan Tersebut].

Sebelumnya, saya telah memperoleh pengalaman di bidang [Bidang Pekerjaan yang Relevan], selama [Lama Waktu Pengalaman Kerja]. Selama bekerja, saya telah terbiasa melakukan [Tugas dan Tanggung Jawab yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar]. Saya juga telah memperoleh gelar [Gelar Pendidikan Terakhir] dari [Nama Institusi Pendidikan].

Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan Anda. Saya memiliki kemampuan [Kelebihan Anda yang Menjadi Kekuatan dalam Menjalankan Pekerjaan], serta kemampuan [Keahlian atau Keterampilan yang Dimiliki dan Berkaitan dengan Posisi yang Dilamar]. Selain itu, saya juga mempunyai kemampuan [Kemampuan Tambahan yang Dapat Menjadi Nilai Tambah untuk Perusahaan].

BACA JUGA:  3 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Barang Terbaru

Saya sangat berharap untuk dapat bergabung dengan perusahaan Anda. Apabila ada kesempatan, saya siap untuk mengikuti tahapan seleksi lebih lanjut dan juga siap untuk belajar dan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

[ Tanda tangan di sini ] [Nama Lengkap]

5. Kesimpulan

Menulis surat lamaran kerja yang baik tidaklah mudah, namun hal ini penting untuk meningkatkan peluang Anda diterima di perusahaan yang Anda incar. Perhatikan format surat lamaran kerja yang benar, fokus pada kualifikasi yang dibutuhkan, dan tunjukkan minat yang tulus. Jangan lupa untuk memeriksa kesalahan penulisan dan detail yang diperlukan sebelum mengirim surat lamaran kerja Anda.

6. FAQ

a. Apakah surat lamaran kerja harus dikirimkan dalam bentuk fisik?

Tergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan meminta surat lamaran kerja dikirimkan dalam bentuk fisik, sementara yang lain menerima surat lamaran kerja dalam bentuk digital.

b. Apakah surat lamaran kerja harus ditulis tangan?

Tidak, surat lamaran kerja dapat ditulis dengan menggunakan komputer dan dicetak dalam bentuk fisik.

c. Berapa panjang surat lamaran kerja yang ideal?

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu panjang, sekitar satu halaman akan cukup.

d. Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan surat lamaran kerja?

Sebaiknya kirimkan surat lamaran kerja dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah lowongan pekerjaan dibuka.