fbpx
Point Penting dalam pembuatan makalah

Ini Point Penting Cara Membuat Makalah Yang Benar

Apakah Anda pernah membuat makalah? Apakah Anda ingin tahu cara membuat makalah yang baik dan benar? Makalah adalah jenis tulisan yang seringkali dibuat oleh pelajar, mahasiswa, dan peneliti untuk menyampaikan hasil penelitian atau gagasan. Sebuah makalah yang baik dan benar memiliki susunan penulisan yang sistematis dan jelas, serta dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat makalah yang baik dan benar serta memberikan contohnya.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat makalah yang baik dan benar:

1. Tentukan Tema dan Judul

Langkah pertama dalam membuat makalah adalah menentukan tema dan judul. Pilihlah topik yang menarik dan relevan dengan bidang yang Anda pelajari. Buatlah judul yang jelas dan ringkas yang dapat menggambarkan isi makalah secara singkat.

2. Kumpulkan Bahan Referensi

Setelah menentukan tema dan judul, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan referensi. Bahan referensi dapat berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber informasi lainnya yang dapat membantu Anda dalam membuat makalah. Pastikan Anda memilih sumber informasi yang terpercaya dan relevan dengan topik yang Anda pilih.

3. Menulis Secara Sistematis

Setelah mengumpulkan bahan referensi, langkah selanjutnya adalah menulis makalah secara sistematis. Buatlah daftar isi dan ikuti struktur penulisan makalah yang baik dan benar. Sebuah makalah yang baik dan benar umumnya terdiri dari bagian pengantar, tinjauan pustaka, metodologi, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan.

4. Tambahkan Kutipan

Kutipan adalah bagian penting dalam membuat makalah. Kutipan digunakan untuk mendukung gagasan atau hasil penelitian yang telah diungkapkan. Pastikan kutipan yang digunakan telah disebutkan dalam daftar pustaka dan diakui oleh para ahli di bidang yang sama.

5. Melakukan Konsultasi

Langkah terakhir dalam membuat makalah adalah melakukan konsultasi dengan dosen atau pembimbing. Konsultasi ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki makalah yang telah Anda buat. Terbuka dengan saran dan kritik dari dosen atau pembimbing, hal ini akan membuat makalah Anda semakin baik dan benar.

BACA JUGA:  Setting Antivirus Avira Agar Tidak Menghapus Aplikasi Tertentu

Contoh Makalah

Berikut adalah contoh makalah yang dapat dijadikan referensi:

Judul: Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Pupuk Kompos

Daftar Isi:

  1. Pendahuluan
  2. Tinjauan Pustaka
  3. Metodologi
  4. Hasil Penelitian
  5. Pembahasan
  6. Kesimpulan

Dalam penelitian ini, kami membahas tentang pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk kompos. Kami mengumpulkan sampel limbah organik dari pasar tradisional dan memanfaatkannya sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk kompos. Metodologi yang digunakan adalah metode eksperiment dengan menggunakan desain acak kelompok lengkap (RAKL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk kompos dapat meningkatkan kualitas tanah dan pertumbuhan tanaman.

Pada bagian pembahasan, kami membahas tentang manfaat dari penggunaan pupuk kompos dari limbah organik. Selain dapat mengurangi volume limbah organik, penggunaan pupuk kompos juga dapat meningkatkan kualitas tanah dan produktivitas tanaman. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai cara penggunaan yang tepat dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk kompos dapat menjadi alternatif yang baik dalam mengurangi volume limbah organik dan meningkatkan kualitas tanah serta produktivitas tanaman. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak penggunaan pupuk kompos terhadap lingkungan.

Isi makalah itu apa saja?

Isi makalah terdiri dari beberapa elemen penting yang harus dipenuhi agar makalah menjadi lebih lengkap dan mendalam. Elemen-elemen tersebut antara lain:

  1. Pendahuluan Pada bagian ini, penulis harus menjelaskan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan makalah, dan rumusan masalah.
  2. Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi rangkuman dari hasil penelitian atau kajian terhadap sumber-sumber yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam makalah.
  3. Metode Penelitian Bagian ini menjelaskan tentang cara atau metode yang digunakan dalam penelitian atau pembuatan makalah.
  4. Hasil dan Pembahasan Hasil penelitian atau pembahasan akan dijabarkan secara rinci dalam bagian ini. Penulis juga bisa memasukkan tabel, grafik, atau diagram untuk memperjelas hasil penelitian atau pembahasan yang dibahas.
  5. Kesimpulan dan Saran Pada bagian ini, penulis memberikan ringkasan dari hasil penelitian dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya.
BACA JUGA:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Struktur makalah apa saja?

Struktur makalah terdiri dari beberapa bagian penting yang harus diikuti agar makalah memiliki kerangka yang jelas dan terstruktur. Struktur makalah meliputi:

  1. Halaman Judul Halaman judul berisi judul makalah, nama penulis, dan institusi atau sekolah yang menerbitkan makalah.
  2. Daftar Isi Daftar isi memuat uraian singkat tentang isi makalah dan nomor halaman di mana isi tersebut terletak.
  3. Pendahuluan Pendahuluan berisi latar belakang masalah, tujuan penulisan makalah, dan rumusan masalah.
  4. Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi rangkuman dari hasil penelitian atau kajian terhadap sumber-sumber yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam makalah.
  5. Metode Penelitian Metode penelitian menjelaskan tentang cara atau metode yang digunakan dalam penelitian atau pembuatan makalah.
  6. Hasil dan Pembahasan Hasil penelitian atau pembahasan akan dijabarkan secara rinci dalam bagian ini.
  7. Kesimpulan dan Saran Pada bagian ini, penulis memberikan ringkasan dari hasil penelitian dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya.
  8. Daftar Pustaka Daftar pustaka berisi daftar sumber yang digunakan dalam penulisan makalah.

Langkah langkah membuat makalah SMP

Berikut adalah langkah-langkah membuat makalah SMP:

  1. Tentukan tema yang akan dibahas Pilihlah topik atau tema yang menarik dan relevan dengan bidang yang diminati.
  2. Lakukan penelitian Kumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan tema yang telah ditentukan. Sumber-sumber tersebut bisa berupa buku, jurnal, artikel, dan lain-lain.
  3. Buat outline Buatlah outline atau kerangka tulisan dengan memasukkan sub-sub topik yang akan dibahas.
  4. Tulislah makalah Mulailah menulis makalah dengan melakukan penjabaran dan analisis terhadap setiap sub-sub topik yang telah ditentukan dalam outline.
  1. Tambahkan kutipan dan referensi Pastikan setiap informasi yang disampaikan dalam makalah didukung oleh sumber yang valid. Tambahkan kutipan atau referensi jika diperlukan.
  2. Buatlah kesimpulan dan saran Setelah menjabarkan semua informasi yang diperlukan, buatlah kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan tema yang dibahas.
  3. Lakukan revisi dan edit Periksa kembali setiap bagian makalah dan lakukan revisi atau edit jika diperlukan. Pastikan makalah sudah lengkap dan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan.

Berapa lembar maksimal makalah?

Jumlah lembar maksimal makalah tidak ada aturannya secara pasti. Namun, sebaiknya penulis membatasi jumlah lembar makalah sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu pembaca untuk membacanya. Untuk makalah SMP, sebaiknya tidak terlalu panjang, cukup sekitar 5-10 lembar saja. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak merasa bosan atau kehilangan fokus saat membaca makalah tersebut. Namun, penulis tetap harus memastikan bahwa semua informasi penting tercakup dalam makalah tersebut dan disajikan dengan jelas dan mudah dipahami.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Microsoft Outlook Not Responding

Jenis Makalah

Makalah adalah tulisan ilmiah yang berisi informasi atau pengetahuan mengenai suatu topik tertentu. Terdapat beberapa jenis makalah yang dapat dibedakan berdasarkan pendekatan atau metodenya, di antaranya adalah makalah deduktif, makalah induktif, dan makalah campuran.

Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah jenis makalah yang didasarkan pada pemikiran deduktif atau logika deduktif. Pemikiran deduktif adalah suatu proses pemikiran yang dimulai dari premis atau pernyataan yang umum, kemudian ditarik suatu kesimpulan yang lebih khusus. Dalam makalah deduktif, penulis mengemukakan premis atau teori yang kemudian dijelaskan dan didukung oleh fakta atau contoh yang relevan. Makalah deduktif biasanya digunakan untuk mengeksplorasi dan menguji suatu teori atau hipotesis.

Makalah Induktif

Makalah induktif adalah jenis makalah yang didasarkan pada pemikiran induktif atau logika induktif. Pemikiran induktif adalah suatu proses pemikiran yang dimulai dari pengamatan atau fakta yang spesifik, kemudian ditarik kesimpulan yang lebih umum atau umum. Dalam makalah induktif, penulis mengemukakan fakta atau contoh yang kemudian ditarik suatu kesimpulan atau generalisasi. Makalah induktif biasanya digunakan untuk mengamati dan menggambarkan fenomena yang ada di lapangan atau untuk menarik kesimpulan dari pengamatan atau penelitian.

Makalah Campuran

Makalah campuran adalah jenis makalah yang menggabungkan pemikiran deduktif dan induktif. Dalam makalah campuran, penulis menggunakan logika deduktif dan induktif secara bersamaan untuk mengeksplorasi dan menguji suatu teori atau hipotesis. Makalah campuran sering digunakan dalam penelitian ilmiah, seperti penelitian kualitatif atau penelitian tindakan.

Dalam menentukan jenis makalah yang akan digunakan, penulis harus mempertimbangkan tujuan dan topik makalah yang akan disajikan. Setiap jenis makalah memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga penulis harus memilih jenis makalah yang paling sesuai untuk menyajikan informasi atau pengetahuan yang ingin disampaikan.

Kesimpulan

Membuat makalah bukanlah hal yang sulit jika kita mengikuti langkah-langkah yang baik dan benar. Tentukan tema dan judul, kumpulkan bahan referensi, tulis secara sistematis, tambahkan kutipan, dan lakukan konsultasi. Dalam membuat makalah, pastikan kita mengutamakan keakuratan dan keterbacaan tulisan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin membuat makalah.