Cara Membuat Quiz/Ujian Di Google Formulir

Halo Sobat FreeZone, masih seputar Google Form, Kali ini admin akan share bagaimana cara membuat Quiz Ujian di Google Form. Selama pandemic ujian biasa dilakukan secara online, nah bagi kalian nih yang mau buat soal secara online dan mendapatkan hasilnya secara realtime, dapat mencoba menggunakan Google Formulir.

Cara Membuat Soal Ujian / Quiz di Google Form

Pertama-tama masuk ke Google Form, kemudian pilih template Blank. Karna disini kita akan Buat Quiz atau Ujian kita harus masuk ke setting untuk merubah form ini menjadi Quiz. Caranya masuk di setting dan pilih menu Quizes

 

Make this a quiz – untuk membuat formulir menjadi quiz

Release grade – menentukan cara penilaian, immediately artinya penilaian langsung setelah soal atau quiz di kerjakan sedangkan later adalah penilaian secara manual

Centang semua pada pilihan respondent can see jika kalian ingin peserta ujian dapat melihat jawaban salah, jawaban benar dan nilai di setiap soal.

TRENDING:  Apa Itu Google Formulir dan Cara Menggunakannya

Pada tampilan awal, akan terdapat satu Question dengan pilihan Multiple Choice. Oke yang pertama kita akan bahas pembuatan soal dengan pilihan Multiple choice. Pada pilihan ini kita bisa membuat soal dengan pilihan ganda.

Multiple choice Quiz Google Form
Soal model Multiple choice

Pada pilihan multiple choice ini kita dapat membuat beberapa jawaban, dan karena dari awal kita sudah merubah form ini menjadi sebuah form quiz maka akan muncul menu untuk masukkan kunci jawaban (Answer key) dan nilai pada soal ini. Contoh diatas saya masukkan kunci jawaban pada pilihan keruh dan memasukkan nilai 10 jika jawabanya yang di pilih benar. Selain itu kita dapat meminta peserta untuk wajib mengisi soal ini dengan mengaktifkan pilihan required.

short answer google form
soal model short answer

 

Selanjutnya kita beralih pada pilihan pembuatan soal Short answer, pada pilihan ini tidak ada beberapa pilihan jawaban. Jadi peserta harus menuliskan jawaban yang benar. Contoh diatas saya membuat answer key dengan jawaban yang benar adalah “Kemudian” dan nilai dari soal ini adalah 10 point.

TRENDING:  Ukuran Header Google Form dan Cara Membuatnya

 

quiz checkbox google formulir
Soal Model Checkbox

 

Selanjutnya soal dengan pilihan Checkboxes, jika anda ingin membuat soal dengan beberapa jawaban yang benar, pilihan checkboxes adalah pilihan yang tepat. Disini peserta harus memilih lebih dari satu pilihan yang benar, karena saya membuat kunci jawaban benar ada 3 pilihan. Disini terserah kalian dapat membuat pilihan jawaban benar 1 ataupun lebih.

quiz dropdown google formulir
soal model dropdown

 

Tipe Dropdown adalah tipe quiz dengan pilihan dropdown, untuk pemberian kunci jawaban sama seperti contoh diatas. Hasil dari soal dropdown nanti akan terlihat seperti dbawah ini

soal dropdown
hasil pembuatan soal dropdown

 

 

Selanjutnya Quiz dengan model Multiple Choice Grid, uniknya pada quiz ini setiap pilihan dapat kita tentukan nilai pointnya.

multiple choice grid google form
soal model multiple choice grid

 

Itulah cara membuat Quiz di Google Formulir, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.