Penyebab Hotspot Mikrotik Sering Disconnect

Hotspot Mikrotik

Para pengguna hotspot mikrotik mungkin pernah mengalami disconnect user hotspot, sehingga perlu login kembali untuk akses internet. Hal inilah yang saya alami ketika maintenance hotspot mikrotik teman. User hotspot akan disconnect kurang dari 5 menit, dan sangat menggangu ketika sedang melakukan browsing.
Hal yang pertama saya cek adalah idle time out pada hotspot. kemudian saya merubah idle time out selama 10 menit lebih besar dari sebelumnya yaitu 5 menit. setelah saya merubah settingan idle time out, saya mencoba restart mikrotik dan login hotspot mikrotik, alhasil belum cukup 5 menit user kembali disconnect heheh.

Karena penasaran, saya mencoba mencari dan  bertanya tentang penyebabnya pada forum-forum mikrotik dan akhirnya ketemu juga penyebab user disconnet. Bukan dari settingan mikrotiknya melainkan dari hardware hotspot mikrotik itu sendiri. Penyebabnya adalah kabel penghubung ke antena sectoral, setelah dilakukan pergantian kabel Alhamdulillah masalah disconnect user hotspot tidak lagi terjadi. Sehingga user pengguna hotspot tidak lagi terganggu ketika sedang browsing.

VIRAL JUGA:  4 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

No comments

  1. makasih banyak infonya mas, saya akan coba terapkan dlu ya

  2. Memang pengaruh cablenya kenapa Mas?
    Sy juga lg cari setting idle time out yg pas buat jaringan saya 🙂

  3. kabelnya mungkin sudah jelek, atau kalah,,,soalnya saya juga pada saat ganti kabel langsung bagus gan, tidak pernah error lagi. saya juga sempat otak atik settingan lain tapi tidak ada perubahaan

  4. maksudya kabel penghubung dari ap ke antena atau kabel utp nya bos

  5. maksudnya kabel penghubung ke antena sektoral atau kabel utp nya bos

  6. kabel penghubung gan bukan utp

  7. Maksudnya kabel penghubung ( kabel UTP ) dari Modem Speedy ke Mikrotik dan Kabel dari Mikrotik ke POE yg masuk pada Port yg ada tulisan LAN. Paham ?

  8. bukan kabel LAN,,,bukan…tpi kabel pig tailnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *