Cara Mudah Membuat Daftar Isi di MS Word

Cara mudah membuat daftar isi di ms word. yah kembali lagi ke word, sambil menunggu ngantuk, kali ini akan saya share cara mudah membuat daftar isi di ms word. Dalam pembuatan proposal atau laporan tugas akhir, kita pasti akan membuat sebuah daftar isi. Membuat daftar isi sebenarnya ada cara tersendiri. Tapi biasa saya masih melihat ada yang buat daftar isi dengan cara manual.

Dalam membuat daftar isi, kita akan menggunakan fungsi tab. Namun sebelumnya kita harus menampilkan ruler atau mistar di ms word dengan mengikuti panduannya DISINI. Langkah-langkah dalam membuat daftar isi :

1. Tampilkan rule pada lembar kerja ms word dengan cara klik menu view dan centang pilihan rule.

2. Buat 2 buah tab yang pertama Left tab dan yang kedua right tab.  

3. Cara membuat left tab yaitu pastikan tab yang aktif pada tampilan tab di sebelah kiri lembar kerja adalah left tab. Contoh :

cara membuat daftar isi di ms word

3. Kemudian klik pada ruler untuk membuat tab, contoh dibawah ini saya membuat left tab pada ruler 15. Kenapa saya membuat tab pada ruler 15, karena saya ingin batas garis titik-titik pada daftar isi hanya sampai di ruler 15.



daftar isi ms word

4. Klik dua kali gambar icon left tab diatas sehingga akan muncul jendela tab. Pada group leader pilih titik-titik yang ada pada no 2. Ini berguna agar ketika kita menekan tombol tab pada keyboard maka secara otomatis garis titik-titk akan terbuat hingga batas pada left tab yang ada di ruler 15. Lihat contoh dibawah :

langkah-langkah membuat daftar isi di microsoft word

5. selanjutnya kita akan membuat right tab. Ulangi langkah no 3 namun yang akan kita buat adalah right tab. Klik model tab sampai berganti menjadi model tab right. Kemudian klik pada ruler 16,5 untuk membuat right tab. Ini berfungsi untuk merata kanan penulisan nomor halaman daftar isi. Hasil dari pembuatan left tab dan right tab

daftar isi microsoft word

Setelah selesai membuat kedua tab tersebut. Sekarang tinggal kita menuliskan kata-kata untuk pembuatan daftar isi. Contoh pertama kita akan menuliskan KATA PENGANTAR. Pada saat selesai menuliskan “KATA PENGANTAR” langsung saja tekan tombol Tab pada keyboar sehingga secara otomatis akan terbentuk garis titik-titik sampai pada batas left tab di ruler 15 dan kemudian tekan kembali tombol tab pada keyboar kemudian tuliskan no halaman. Jika cara sobat sudah benar, makan akan tampil seperti gambar di bawah ini :

cara mudah membuat daftar isi di microsoft word

Nb: untuk menghapus sebuah tab, cukup klik dan tahan icon tab dan tarik kebawah
Selamat mencoba

2 Responses to "Cara Mudah Membuat Daftar Isi di MS Word"

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini