Membuat Animasi Photo Display BBM Menggunakan Adobe Flash

animasi display photo profil bbm blackberry messenger
Membuat animasi display photo profil blackberry messenger. Sebagai pengguna blackberry ane sering dapat teman ane yang biasa ganti photo display bbmnya berbentuk animasi. Apa lagi kalau ada acara hari-hari besar seperti tahun baru dan hari raya umat beragama, hampir semua ganti photo displaynya. Ga mau kalah juga, saya sebagai pengguna adobe flash membuat sebuah animasi sederhana untuk photo profil di bbm heheh mau eksis juga nih :D.

Dalam pembuatan animasi untuk display bbm ukuran panjang dan lebar animasi harus sama dan ukurannya tidak boleh lebih dari 30an kb. Pertama kali buat animasi untuk display gagal karena ukuran panjang dan lebar tidak sama sisi dan ukurannya yang melebihi ketentuan photo animasi bbm.

Oke dari pada panjang lebar, yuk langsung kita praktekan cara membuat animasi display bbm dengan menggunakan adobe flash. Caranya sama dengan cara membuat animasi-animasi yang saya bahas sebelumnya.  Buka lembar kerja baru dengan ukuran 300 x 300 px.

Ketikkan tulisan “YANG JOMBLO”  pada lembar kerja. Perhatikan kata “Yang Jomblo” pada kata ‘yang’ terdapat 4 karakter huruf dan ‘jomblo’ 6 karakter. Jadi total semua karakter ada 10 ditambah satu karakter pemisah yaitu spasi sehingga totalnya menjadi 11 karakter. Loh kok pada hitung karakter huruf sih, bukannya buat animasi heheh. Ini berfungsi pada saat kita membuat animasi nantinya yang penting step by stepnya di ikuti.


Nah karena tulisan tersebut terdapat 11 karakter, klik kanan pada frame 2 sampai dengan 11 dan insert keyframe. Jangan langsung diblok dari frame 2 sampai frame 11, tapi harus tambahkan keyframe satu-satu yaitu dari frame 2, 3, 4 sampai 11. Kalau ga mau repot-repot klik kanan, cukup dengan menekan F6 pada keyboar untuk menambahkan keyframe.

cara membuat animasi photo profil bbm

Sekarang klik pada frame 10 dan hapus huruf O pada kata jomblo. Klik pada frame 9 dan hapus huruf LO, klik pada frame 8 dan hapus huruf BLO. lakukan langkah-langkah tersebut hingga frame 1, sehingga pada frame 1 hanya muncul huruf Y saja. Untuk lihat hasilnya tekan CTRL + Enter.

Baca juga : Cara membuat video menjadi animasi photo profil bbm di Android

Selanjutnya kembali pada frame 11 dan tekan F6 sehingga keyframe baru muncul pada frame 12. Pada frame 12 buat tulisan PING!!! Pada lembar kerja dan ubah warnanya menjadi warna merah. Kemudian miringkan tulisan tersebut dengan menggunakan Free Transform Tool (Q) sehingga seperti contoh dibawah ini :

animasi photo profil blackberry messanger

Selanjutnya tekan F6 untuk insert keyframe hingga frame 15 dan klik pada frame 14 lalu ubah warna tulisang PING menjadi warna biru atau sesuai dengan warna yang sobat suka. Begitu juga pada frame 15.

Atur kecepatan animasi dengan klik pada lembar kerja dan ubah fps yang ada pada panel properties di sebelah kanan lembar kerja. Disini saya ubah nilai fps yang semula 24 menjadi 5. Semakin kecil nilai fps semakin lambat gerakan animasi.

animasi bbm

Selamat mencoba

3 Responses to "Membuat Animasi Photo Display BBM Menggunakan Adobe Flash"

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini