App Sign Wajib di Ketahui Oleh Game Developer Pemula

Akhir-akhir ini saya sangat jarang update tulisan di blog ini, karena saya sudah beralih fokus menjadi game developer. Saya melihat pangsa pasar yang bagus di Game Android yaitu dimana mulai dari anak kecil sampai orang dewasa rata-rata hampir memiliki HP Android.

Dan sekarang saya mulai fokus untuk membuat beberapa game android. Sampai saat ini sudah ada 5 aplikasi game yang telah saya upload di playstore. Dan ditulisan kali ini saya akan share pengalaman yang wajib diketahui oleh Game Developer pemula. Saya membuat game dengan menggunakan game engine Unity.

Satu hal yang perlu diketahui oleh pemula adalah mengenai app sign. Pemula seperti saya ketika berhasil membuat game langsung upload ke playstore tanpa memperhatikan keystore aplikasi. Padahal fungsi dari keystore sendiri sangatlah penting.Untuk penjelasan mengenai app sign dan keystore anda bisa cari di mbah google.

App Sign Wajib di Ketahui Oleh Game Developer Pemula


Sebelum merelease aplikasi anda di play store, sebaiknya kalian membuat keystore untuk aplikasi anda. Karena ketika kalian menggunakan keystore bawaan dari aplikasi seperti unity atau android studio, maka keystore yang digunakan adalah debug.keystore. Kendalanya ketika kalian akan update aplikasi, akan terjadi error pada saat upload APK, yaitu error app sign debug mode.

Hal inilah yang terjadi pada 5 aplikasi saya yang akan saya update, selalu error app sign debug mode. Saya melihat beberapa tutorial di internet cara sign apk ke release mode dengan cara membuat keystore baru dengan release mode, tetapi pada saat membuat keystore baru, masih saja terjadi error ketika upload update terbaru aplikasi. Error yang terjadi adalah error mengenai fingerprint dan certificate SHA1.

Akhirnya saat menghubungi Contact Google Play Developer Support untuk mengenai permasalah ini. Dan dari support sendiri menjelaskan untuk membuat mendaftarkan app sign di aplikasi dengan cara membuat keystore atau kalau masih terjadi kendala pada pembuatan keystore, dapat mengajukan reset keystore dengan cara isi form request reset keystore.

Disini saya menggunakan cara kedua yaitu reset keystore karena saya sudah mencoba cara pertama tetapi selalu mengalami kendala. Untuk proses reset 2 x 24 jam, dan setelah itu anda bisa upload updatetan terbaru game anda dengan menggunakan keystore baru.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "App Sign Wajib di Ketahui Oleh Game Developer Pemula"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini