Skip to main content

Cara Mengunci Aplikasi dan Folder di Smartphone Android

Semakin berkembang teknologi semakin canggih juga smartphone saat ini. Tapi tahukah anda banyak yang tidak mengetahui fitur-fitur keamanan ataupun fitur lainnya pada sebuah smartphone. Salah satu fitur yang saya sukai adalah fitur kunci aplikasi dan folder.

Pada beberapa smartphone memiliki fitur kunci aplikasi atau lock app. Fungsi ini bisa kita aktifkan untuk mengunci aplikasi seperti whatsapp, galery, pesan dan lain sebagainya. Ini berguna ketika ada teman yang meminjam hp kita, dia tidak akan bisa melihat pesan pribadi, atau gambar pribadi yang ada pada smartphone kita.

Berikut cara mengunci aplikasi pada smartphone

Smartphone yang saya digunakan pada contoh dibawah ini adalah xiaomi redmi note 5 pro.

1. Pertama-tama masuk ke menu Security, scroll ke bawah hingga menemukan sub menu App Lock. Klik pada menu tersebut.

Kunci aplikasi whatsapp

cara mengunci aplikasi pada smartphone


2. Ketika pertama kali mengaktifkan menu ini, kalian akan di minta membuat password berupa pola, buatlah password pola anda dan selanjutnya anda juga akan diminta untuk menggunakan verifikasi sidik jari dan wajah. Jadi pada saat membuka aplikasi yang di lock, dapat menggunakan tiga cara, yaitu menggunakan pola, sidik jari dan verifikasi wajah.

3. Selanjutnya pilih dan aktifkan aplikasi apa saja yang akan di lock. Contoh dibawah ini saya mengaktifkan app lock pada aplikasi Whatsapp, Gallery, Messaging, Notes dan Messenger.

cara kunci aplikasi di smartphone android


Setelah mengaktifkan app lock, maka ketika kita membuka aplikasi tersebut, akan muncul verifikasi berupa pola, sidik jari atapun verifikasi wajah.

Dalam menu App Lock bukan hanya mengunci aplikasi saja, tetapi kita juga bisa menyembunyikan aplikasi dan menghilangkan notifikasi pada aplikasi tersebut.

Untuk merubah pengaturan pada App Lock anda dapat membukanya pada menu setting app lock yang ada disebelah kanan atas. Dan tampilan menunya seperti ini

app lock smartphone


Selamat mencoba
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar