apa itu hosting

Apa Itu Hosting dan Domain? Berikut Penjelasannya

Jika anda ingin membuat sebuah website, tentu saja hal ini tidak akan jauh dari kata Hosting dan domain. Domain dah Hosting adalah dua hal yang sangat esensial dalam pembuatan sebuah website, jika hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah maka domain adalah alamatnya.

Apa Itu Hosting dan Domain

Domain sendiri adalah nama yang mudah diingat dan biasanya dibuat dengan unik oleh para creator website, nama ini muncul setelah “@” pada email dan www. Pada sebuah halaman website. domain sering dibuat secara unik agar dengan mudah di idenfitikasi, selain itu nama domain juga bertujuan untuk mempermudah anda untuk mengakses sebuah halaman situs daripada ribet menggunakan alamat IP yang sangat ribet dengan angka.

TRENDING:  Jelaskan Pengertian Shared Hosting? Berikut Penjelasannya

Domain terdiri atas beberapa jenis jaitu .com, .net, .id, .org, .edu, .info, .gov, dan .mil. nama dari domain biasa disebut dengan Top Level Domain atau TLD. TLD sendiri terbagi atas beberapa macam seperti:

Top Level Domain (TLD)

Domain ini merupakan domain yang paling sering digunakan, tampilannya yang umum dan mudah dimengerti membuat domain ini menjadi salah satu top level. Domain ini juga bersifat cukup bebas (tidak merujuk pada organisasi tertentu) sehingga dapat digunakan sebagai situs personal, beberapa diantaranya yaitu .net, .com, .edu, .org.

Country Code Top Level (ccTLD)

ccTLD merupakan domain yang menggambarkan kode dari suatu Negara, hal ini menandakan bahwa situs tersebut milik dari Negara tertentu. Contohnya: .id (untuk Indonesia), .uk (untuk United Kingdom atau Inggris), .us (untuk United States, .kr (unyuk Korea Selatan, dll.

Generic Top Level Domain (gTLD)

Domain ini awalnya merupakan domain yang dikhususkan untuk organisasi atau bidang tertentu, namun kini telah banyak digunakan untuk situs biasa. Contohnya: .mil (untuk militer), .org (untuk organisasi tertentu), .edu (untuk pendidikan), .net (untuk penyedia layanan internet), dll.

TRENDING:  Apa Yang Di Maksud Dengan Hosting Berikut Penjelasannya

Second Level Domain (SLD)

Domain ini menggambarkan alamat yang lebih rinci. Contohnya: .co.id, .ac.us, .co.uk, dan lainnya.

Hal-Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Domain

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat domain:

Ketersediaan Domain

Pastikan domain yang anda inginkan tersedia, maka dari itu siapkan beberapa nama saat akan membuat domain dan pastikan juga nama tersebut tidak sama dengan domain milik orang lain.

Memilih provider domain yang terpercaya

Semoga informasi ini dapat membantu dalam pembuatan website anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.